biografinya.com – Perawatan wajah sering dilihat sebagai rutinitas yang hanya boleh dilakukan oleh wanita. Padahal, wajah pria juga butuh perawatan, lho. Ini karena masalah kulit yang umum dapat menyerang siapa saja tanpa terkecuali. Banyak pria juga mengalami masalah kulit seperti jerawat, kulit kusam, dan kulit sensitif.


Karena itu, pria pun perlu memperhatikan perawatan wajah, meski dengan cara yang lebih sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Berikut bisa anda simak dan terapkan beberapa cara sederhana merawat wajah pria supaya anda tetap terlihat bersih, sehat dan tampan.

Rutin Membersihkan Wajah

Pembersihan wajah merupakan hal wajib yang tidak boleh dilewatkan setiap hari. Pasalnya, aktivitas sehari-hari membuat kotoran dan keringat muncul dan menimbulkan berbagai masalah kulit.

Pastikan untuk menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Coba gunakan produk yang dibuat khusus untuk pria. Cuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari agar tetap bersih.

Tak kalah pentingnya, setelah mencuci muka, tepuk-tepuk perlahan dengan handuk. Jika memungkinkan, gunakan tonik setelahnya untuk menjaga wajah tetap segar.

Gunakan Masker Wajah

Perawatan wajah untuk pria tidak cukup hanya dengan sabun wajah. Wajah pria juga membutuhkan masker. Meskipun sering dianggap memalukan, masker wajah berguna untuk menghindari penumpukan bakteri penyebab komedo dan jerawat. Ini juga berlaku untuk wajah pria, yang lebih mudah berkeringat dan berminyak, sehingga rentan terhadap bakteri.

Tidak perlu terlalu sering memakai masker, cukup seminggu sekali. Penggunaan masker ini bertujuan untuk lebih optimal membersihkan wajah dari kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk di wajah. Dengan menggunakan masker membuat perawatan wajah anda akan semakin maksimal.

Cukur Rambut di Wajah Secara Rutin

Kebanyakan pria sangat suka tumbuh di wajah mereka seperti kumis, jenggot dan cambang. Karena itu, perhatikan juga dandanannya. Cukur atau potong rambut wajah secara teratur dan benar. Karena mencukur selain membuat wajah anda terlihat bersih juga bertujuan untuk memudahkan anda dalam melakukan perawatan terhadap kulit wajah.

Saat bercukur, basuh wajah Anda dengan air hangat. Hal ini penting untuk menjaga kelembapan kulit dan untuk memperlancar proses pencukuran. Cobalah mencukur searah pertumbuhan rambut, ya. Kemudian jangan lupa untuk menggunakan produk aftershave yang tidak mengandung alkohol.

Memakai Pelembab Wajah

Wanita sangat perlu memahami manfaat dan pentingnya menggunakan pelembab wajah. Pelembab wajah, sesuai dengan namanya, memiliki fungsi melembabkan wajah agar terhindar dari berbagai masalah kulit.

Penggunaan pelembab ini harus didasarkan pada kondisi kulit. Misalnya untuk kulit kering, pilihlah pelembab. Untuk kulit berminyak, disarankan menggunakan gel atau lotion berbahan dasar air. Sedangkan untuk kulit normal, Anda bisa menggunakan lotion jenis ini.

Baca Juga : Hilangkan Kulit Berminyak Dengan Skincare ini!

Jangan Lupa Gunakan Tabir Surya

Nah, untuk perawatan yang satu ini wajib banget buat kamu yang sering melakukan aktivitas outdoor. Meskipun kebanyakan kulit pria tidak begitu sensitif seperti kulit wanita, perlindungan UV tidak boleh dianggap remeh.

Seperti yang sudah kita ketahui, paparan sinar UV dapat menyebabkan penuaan, perubahan warna kulit bahkan kanker kulit. Jadi bukan lagi soal merawat wajah perempuan atau laki-laki. Tabir surya harus ada di daftar semua produk perawatan wajah saat kita meninggalkan ruangan.

Itulah tadi beberapa perawatan wajah sederhana yang wajib dilakukan pria. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah karena cara-cara tersebut sangat sederhana. Jika ingin lebih ganteng, jangan malas merawat wajah