Kam. Sep 28th, 2023

5 Resep Olahan Daging Sapi yang Sederhana dan Praktis


biografinya.com – Daging sapi merupakan salah satu jenis daging merah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Jika bosan makan ayam bisa beralih ke daging sapi meski harganya sedikit lebih mahal. Biasanya daging sapi tidak dimakan setiap hari. 

Daging sapi biasanya disajikan pada acara-acara khusus atau saat Anda bosan dengan jenis lauk lainnya. Terlebih lagi saat hari raya Idul Adha, sudah pasti dirumah Anda akan ada banyak daging sapi. 

Daftar Resep Olahan Daging Sapi yang Bisa Anda buat di Rumah

Untuk Anda bisa membuat hidangan yang lezat menggunakan daging sapi. Berikut beberapa resep olahan daging sapi dan cara membuatnya. 

1. Rendang

Bicara soal daging sapi, pasti tidak akan pernah lepas dengan yang namanya rendang. Rendang memang paling difavoritkan oleh masyarakat Indonesia. Berikut ini bahan-bahan yang Anda butuhkan saat membuat Rendang:

  • 1 kg daging sapi 

  • 1 batang serai 

  • 3 lembar daun jeruk 

  • 2 lembar daun salam 

  • 1 ruas lengkuas 

  • 2 cm kayu manis 

  • 1 sendok makan gula merah 

  • 1 sendok makan kaldu sapi dan garam 

  • Setengah sendok makan jintan bubuk 

  • Setengah sendok makan merica bubuk 

  • Jeruk nipis dan 500 ml santan 

  • Selain itu, siapkan bahan untuk bumbu giling: 2 butir kemiri, setengah sendok makan ketumbar, 3 cabai merah besar, 2 cm kunyit dan 3 cm jahe.

Setelah bahan dan bumbu Anda siap, lanjutkan ke langkah persiapan resep olahan daging sapi ini. Cuci daging terlebih dahulu, lalu potong sesuai selera dan tambahkan air jeruk nipis. Masukkan bumbu halus, lalu tumis bumbu halus dengan serai, daun jeruk, daun salam, kayu manis dan lengkuas hingga matang.

Tambahkan daging sambil diaduk terus, lalu tambahkan santan. Masak dengan api kecil, aduk sesekali. Kemudian tambahkan garam, kaldu, jintan, merica dan gula merah, sisihkan untuk menyerap bumbu dan mengurangi jumlah air. Setelah rasanya pas, rendang sudah bisa Anda sajikan. 

2. Empal Daging Sapi

Selain rendang, empal juga menjadi makanan dari daging sapi yang paling disukai. Berikut ini bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat empal:

  • 10 potong daging sapi (dipotong lebar) 

  • 4 sendok makan gula merah (dipotong) 

  • Minyak goreng 

  • Air secukupnya 

  • Siapkan juga bumbu halus yaitu; 10 siung bawang putih, 6 bawang merah, 6 kemiri, 2 sendok teh ketumbar.

Semua bumbu harus dihaluskan dengan sedikit minyak, lalu rebus daging sapi dalam air mendidih hingga berubah warna. Kemudian, saat daging berubah warna, keluarkan daging dan haluskan segera untuk mengendurkan serat daging agar empuk.

Kemudian campur bumbu yang sudah dihaluskan dengan daging yang dihancurkan, tambahkan sedikit air, masak daging dengan bumbu tersebut, lalu tambahkan air hingga daging terendam. Masukkan gula pasir dan keluarkan saat air mulai surut. 

Selanjutnya anda hanya perlu menggoreng empal. Gunakan api sedang untuk memasaknya, masukkan daging ke dalam minyak panas, goreng hingga berwarna coklat keemasan dan masak. Lalu tiriskan hingga minyaknya hilang. Empal sudah siap untuk dihidangkan.

Baca Juga : Tips Mudah Masak Daging Cepat Empuk, Anti Gagal!

3. Bakso Sapi

Resep olahan daging sapi lainnya adalah dengan membuat bakso. Cara pertama membuat bakso sapi kenyal dan renyah adalah dengan mencuci daging hingga bersih, lalu menggilingnya di atas penggiling dan mencampurkannya dengan es batu.

Setelah daging hancur dan empuk, campurkan bahan utama lainnya seperti tepung terigu, tepung tapioka dan bumbu halus. Bentuk bulat sesuai keinginan dan masak dengan air yang sangat mendidih. Jika bakso mengapung di air mendidih. Makan bakso matang. Resep Bakso Sapi Solo Sudah Selesai.

4. Tahu Bakso Sapi

Bakso tahu merupakan camilan khas Semarang. Kita bisa membuat daging sapi dan mengubahnya menjadi bakso sapi. Langkah pertama adalah menggoreng tahu hingga berwarna coklat keemasan, lalu sisihkan. Buat adonan bakso dengan mencampurkan daging giling, tepung tapioka, bawang putih, garam, merica dan bumbu halus. Aduk rata dengan penggiling.

Masukkan air es secara perlahan hingga tekstur adonan sesuai dengan kekentalannya. Cetak dan tambahkan tahu goreng. Kemudian kukus tahu hingga matang. Kami siap menikmati bakso tahu kukus anda.

5. Daging Sapi Oven

Memasak daging sapi dari oven sangatlah mudah, apalagi jika Anda memiliki oven di rumah. Anda hanya perlu mengoleskan bumbu di atas permukaan daging sapi hingga rata, lalu panggang dengan suhu 200 derajat Celcius hingga matang atau kurang lebih 45 menit. Gunakan garpu untuk mengecek apakah daging sudah matang atau belum. Biasanya masakan ini menggunakan daging bagian paha karena lebih empuk saat dimasak.

Seperti itulah 5 resep olahan daging sapi yang bisa Anda coba dirumah. Selain kelima resep tersebut. Anda juga bisa mengolahnya untuk dijadikan sate atau daging sapi bakar. Kedua olahan tersebut bisa Anda lakukan bersama teman-teman Anda untuk menghabiskan waktu luang dan mengobrol di luar rumah. 

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Soto Ayam Lamongan Koya Enak Dan Segar


By Anonyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *