Apa itu Anime Shoujo dan Apa Saja Cirinya? Simak Selengkapnya di Sini!

Sumber: BukaReview

Jika sebelumnya sudah membahas anime shounen, maka kini kita akan membahas sedikit anime shoujo. Bagi sebagian orang mungkin sudah paham apa itu shoujo dan seperti apa ciri-cirinya, namun masih ada juga yang belum paham dengan genre ini. Nah, untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Anime Shoujo

Sumber: Selowee

Shoujo dalam bahasa Jepang adalah gadis atau anak perempuan yang masih remaja di usia 10 sampai 18 tahun. Jika konteksnya pada anime, maka anime shoujo memiliki target penonton perempuan yang masih belasan tahun.

Gaya Gambar Anime Shoujo

Sumber: Entoin

Jika Anda sering menonton anime untuk shoujo, maka bisa terlihat dengan desain karakternya yang cantik untuk perempuan dan tampan pada laki-laki. Tidak hanya itu saja, secara busana pun terlihat lebih stylish dan terkadang menggunakan gaya pakaian modern saat ini.
Untuk zaman sekarang, tidak jarang ada karakter laki-laki dalam anime shoujo terlihat lebih “anggun” dan kalem sehingga berbeda jika dibandingkan dengan shounen.

Ciri-Ciri Anime Shoujo

Sumber: BukaReview

Seperti sebelumnya bahwa ada ciri-ciri khas yang dibagi menjadi dua, yakni secara karakter utama dan secara alur cerita. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Karakter utama (Protagonis)

1.      Perempuan  yang ceroboh
Pernah melihat adegan karakter cewek dan cowok yang tabrakan di suatu sudut jalan? Hal tersebut merupakan salah satu adegan legendaris di anime shoujo.
Karakter utamanya adalah perempuan dan selalu digambarkan ceroboh,lugu, polos, dan sejenisnya. Hal itu bisa Anda temukan pada anime Sailor Moon, Fruit Basket, dan lain-lain.
2.      Karakter perempuan yang digambarkan “menyedihkan”
Menyedihkan di sini adalah sang karakter utama pada anime shoujo klasik selalu digambarkan lemah dan nyaris tidak bisa melakukan hal yang benar. Meskipun begitu ada juga anime shoujo lainnya yang karakter utamanya digambarkan kuat dan sosok pemimpin seperti Akatsuki no Yona.
3.      Kuat diluar, rapuh di dalam
Karakter utama anime shoujo selalu ditampilkan sangat kuat pada situasi tertentu, akan tetapi pada saat dia sendirian atau merenungi sesuatu dia sebenarnya rapuh dan butuh dukungan. Hal ini menunjukan bahwa perempuan pun sebenarnya tetap ingin disayang dan berusaha sekuat mungkin.

Alur Cerita anime Shoujo

1.      Drama Percintaan yang sangat kental
Tidak jauh berbeda dengan shounen yang kental dengan pertarungan, pada anime shoujo justru lebih kuat dari sisi drama percintaannya. Kalaupun ada tema yang tidak selalu fokus ke sana, tetap saja unsur romantis dan dramanya sangat kuat dibandingkan dengan shounen.
2.      Umumnya sering bersetting di sekolah
Jika Anda sering menonton anime genre shoujo, hampir semua tempat atau latarnya ada di lingkungan sekolah, rumah, tempat-tempat keramaian dan sejenisnya. Kalaupun ada anime shoujo yang berlatar berbeda itu pun juga satu tempat seperti kerajaan di Akatsuki no Yona.
Meskipun begitu, setting di sekolah adalah yang paling populer dan sering dipakai dalam anime.
3.      Karakter cowok yang selalu tertarik dengan karakter utama
Ya, salah satu ciri yang paling terasa pada anime shoujo adalah selalu ada karakter cowok yang dekat dengan karakter utama cewek. Selain itu bisa dipastikan karakter cowok tersebut akan berpacaran dengan karakter utama baik di awal, pertengahan, atau bisa juga di akhir.

Genre yang selalu melekat pada anime shoujo

Sumber: CBR

Beberapa genre anime yang selalu melekat pada shoujo adalah sebagai berikut:
Drama
Romance
School life
Comedy
Mahou Shoujo
Dari ulasan di atas kita bisa melihat bahwa anime shoujo memiliki ciri-ciri yang sepertinya sangat mudah dilihat dan tidak jarang diparodikan oleh anime dengan genre komedi. Semoga artikel ini bermanfaat.