Apa itu Anime Shounen dan Seperti Apa Cirinya? Cek Selengkapnya di Sini!

Sumber: Mariviu

Bagi hampir semua fans anime pastinya tahu apa itu shounen yang bahkan menjadi salah satu elemen populer di dunia. Apalagi jika Anda sering menonton anime dan melihat dari gambarnya saja sudah terlihat kalau itu adalah anime shounen meskipun tidak semuanya.

Akan tetapi banyak fans juga yang mungkin belum paham seperti apa sejarah dan beberapa fakta menarik seputar anime shounen ini. Untuk bisa lebih jelas, simak ulasannya di bawah ini.

Bukan Sebuah Genre

Sumber: Entoin

Ya, sebenarnya shounen sendiri adalah sebuah target pasar atau target usia yang diperuntukan bagi penonton remaja laki-laki berusia 8 hingga 18 tahun. Meskipun begitu, tidak jarang ada penonton yang berasal dari remaja perempuan atau bahkan dewasa yang menikmati anime shounen ini.

Bisa dikatakan target penonton terbesar saat ini adalah shounen sehingga tidak mengherankan beberapa waralaba shounen bisa bertahan dari dulu hingga sekarang dan bahkan menjadi trademark sendiri.

Baca juga: Tokoh-tokoh Penemu Telepon

Desain Karakter Anime Shounen

Sumber: IDN Times

Jika melihat desain karakter anime shounen tahun 80-90an selalu identik dengan berotot kekar, kuat, gagah, dan sejenisnya. Untuk zaman sekarang hal tersebut sudah berkurang namun masih tetap menonjolkan sisi-sisi maskulin.

Ciri-ciri Anime Shounen

Sumber: YODU

Untuk poin satu ini kita bagi berdasarkan alur cerita dan juga karakter utama atau protagonis secara umumnya saja.

Karakter Utama (Protagonis) Anime Shounen

Polos dan terkadang konyol

Memiliki tujuan yang sangat besar

Pantang menyerah

Mempunyai kekuatan khusus atau kemampuan istimewa dibandingkan karakter lainnya

Proses mendapatkan kekuatan dari dasar hingga menjadi sangat kuat

Alur cerita

Untuk yang satu ini, ada beberapa elemen alur cerita anime shounen yang sering muncul meskipun tidak semuanya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Alur cerita simpel, ringan, hingga cukup berat

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa salah satu ciri anime shounen adalah tokoh utama memiliki tujuan yang besar dan itu juga berpengaruh pada alur ceritanya. Misalnya pada Anime Naruto yang tokoh utamanya ingin menjadi Hokage (pemimpin tertinggi di desanya) dan alur ceritanya pun menjelaskan bagaimana proses Naruto menjadi Hokage.

Lebih banyak tentang aksi dan pertarungan

Bisa dikatakan inilah salah satu ciri paling mudah kalau anime tersebut ditujukan pada shounen, yakni lebih banyak aksi dan pertarungan. Meskipun begitu ada juga anime shounen yan tidak selalu aksi atau pertarungan seperti Nisekoi yang lebih fokus pada cinta segitiga atau anime shounen romance lainnya.

Alur yang dramatis saat mencapai hasil

Salah satu ciri lainnya dari anime shounen adalah alur dramatis ketika karakter utama berhasil mencapai tujuannya. Contohnya bisa dilihat pada anime olahraga seperti Slam Dunk, Captain Tsubasa, Eyeshield 21, dan masih banyak lagi.

Begitu juga pada anime shounen populer lainnya yang menggambarkan bagaimana sang tokoh utama berhasil menguasai jurus tertentu atau berhasil memenangkan sesuatu dengan susah payah dan kerja keras. Memang hal itu ingin menunjukan bahwa jika ingin mendapatkan sesuatu harus dengan usaha yang sangat gigih dan tanpa menyerah.

Genre yang dianggap berhubungan dengan shounen

Sumber: Dafunda

Mengingat anime shounen ditujukan pada laki-laki, maka kita jadi penasaran genre apa yang selalu melekat dengan laki-laki. Hal ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perfilman lainnya yang sangat identik dengan laki-laki seperti:

Mecha (robot)

Aksi

Olahraga

Sejarah

Komedi

Teknologi (cyberpunk)

Kesimpulan

Dari ulasan di atas kita bisa tahu bahwa anime shounen bisa menjadi besar karena target penontonnya adalah remaja yang bisa dikatakan jumlahnya banyak. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Sumber: https://beritanakmuda.com/