Destinasi Wisata Alam Populer di Malang

Ayo Kunjungi Destinasi Wisata Alam Populer di Malang

Destinasi wisata alam populer di Malang ini bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang mencari tempat refreshing. Lebaran tahun ini, tidak sedikit orang yang tinggal di Jawa Barat, Jakarta, dan Banten pulang kampung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Hal ini tidaklah heran karena orang suku Jawa memang suka merantau ke Jakarta dan sekitarnya. 

Bagi yang sedang pulang kampung ke Jawa Tengah maupun Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk sekalian berlibur di sana. Berikut merupakan beberapa destinsasi wisata di Malang, Jawa Timur.


1. Coban Putri

Destinasi Wisata Alam Populer di Malang

Coban Putri merupakan wisata alam yang konon katanya pernah menjadi tempat pemandian salah satu putri dari Kerajaan Singasari, yaitu Putri Ken Dedes. Hal tersebut juga menjadi asal usul dari nama air terjun ini.

Ketika berkunjung ke air terjun Coban Putri, maka wisatawan akan langsung disambut oleh suara air pegunungan yang arusnya cukup deras. Tempat wisata ini juga instagrammable, jadi air terjun Coban Putri ini cocok bagi milenialis yang suka mendokumentasikan liburannya.


2. Air Terjun Coban Rais

Destinasi Wisata Alam Populer di Malang

Selain air terjun Coban Putri, di Malang juga terdapat wisata air terjun lainnya yaitu air terjun Coban Rais. Di tempat wisata ini, wisatawan dapat melihat pemandangan alam yang indah berupa pegunungan dengan air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. 

Tantangan untuk menikmati wisata alam ini adalah wisatawan harus menempuh jalan setapak sejauh 7 km, namun seharusnya perjalanan tersebut tidak berasa karena di tengah-tengah perjalanan wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang indah. Duduk di samping air terjun ini juga dapat menjadi refreshing yang menenangkan pikiran.

3. Goa Pinus

Tempat Terkenal di Malang

Setelah air terjun, mari kita pindah ke goa, di Goa Pinus wisatawan dapat menikmati keindahan alam sambil menghirup udara sejuk. Begitu sampai ke tempat ini, maka wisatawan akan merasakan suasana yang damai dan nyaman. 

Salah satu alasan mengapa tempat wisata ini memiliki nama pinus adalah karena terdapat deretan pohon pinus yang berjajar, sedangkan nama goa diambil karena di sekeliling hutan pinus tersebut terdapat sebuah goa kecil yang dulunya adalah tempat menambang pasir. Gua tersebut memiliki kedalaman kurang lebih 5 meter dengan ketinggian 1 meter.

4. Mata Air Sumber Sirah

Tempat Terkenal di Malang

Tidak dapat dipungkiri bahwa bermain air memang sangat seru dilakukan ketika pergi berlibur, karena hal tersebut dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Mata Air Sumber Sirah merupakan salah satu tempat wisata mata air yang ada di Malang, Jawa Timur. 

Mata Air Sumber Sirah merupakan sumber air tawar yang berasal dari pegunungan, karena itulah air yang ada di sini adalah air alami dari alam. Wisatawan dapat melihat telaga alam yang luar biasa jernih ketika sampai ke tempat wisata ini. 

5. Gunung Butak

Tempat Terkenal di Malang

Selain memiliki air terjun, goa, dan sumber mata air, Malang juga memiliki destinasi wisata alam berupa gunung, yaitu Gunung Butak yang sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula. Mengapa direkomendasikan untuk pendaki pemula? Karena rute untuk mencapai puncaknya tidak terlalu sulit dan gunung ini memiliki ketinggian 2.868 meter di atas permukaan air laut.

Alasan lain mengapa Gunung Butak cocok untuk pemula adalah karena gunung ini memiliki beberapa rute pendakian. Untuk waktu pendakian, mencapai puncak gunung ini tidak memakan waktu sampai 10 jam.

Itulah destinasi wisata alam yang populer di Malang, kamu akan pergi ke destinasi wisata yang mana? Jangan lupa tulis di kolom komentar ya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Malang yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga dan Sahabat