Resep Dan Cara Membuat Cimol Saus Kecap Terenak

Resep Dan Cara Membuat Cimol Saus Kecap Terenak

 Cimol makanan ringan khas Nusantara ini merupakan favorit semua kalangan. Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung tapioka ini memiliki citra rasa gurih dan tekstur yang kenyal, yang membuat ketagihan siapapun yang menikmatinya.

Paling enak menyajikan cimol ketika perut keroncongan di pertengahan hari sore menjelang malam, dan disandingkan dengan minuman manis dingin, seperti es the manis misalnya. Sayangnya, terkadang ketika menginkan cemilan satu ini kang jualan cimol sulit sekali ditemukan. 

Biasanya cimol dapat dengan mudah ditemukan di pinggiran jalan, atau tukang jualan yang berkeliling. Tapi, itu pun terkadang kurang menjamin kebersihan, dan rasa cimol yang terkadang berbeda dengan selera lidah.

Namun, anda tidak perlu mencoret cimol dari daftar makanan ringan favorit. Karena kenyataannya membuat cimol sangatlah mudah, dan jarang sekali ditemukan kegagalan dalam proses pembuatannya.

Bahan yang digunakan lazim ditemukan dapur, jika pun kurang dapat dibeli di warung kelontong dengan harga yang murah meriah.

Membuat cimol sendiri bukan hanya dapat memastikan kebersihan dari cimol tersebut, tapi juga dapat menekan budget pengeluaran untuk membeli makanan ringan yang terkadang tidak bisa di rem!

Agar tidak banyak berbasa-basi lagi. Yuk! Disimak dengan baik resep dan cara pembuatan cimol goreng terenak yang mudah cara membuatnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Cimol Terenak.

Kesal rasanya ketika memakan cimol yang memiliki  tekstur kempes atau keras ketika digigit. Hal ini terjadi karena bahan yang digunakan memiliki kualitas yang buruk, atau takarannya salah, dan proses pembuatannya ada yang keliru.

Oleh karenanya untuk mendapatkan tekstur dan bentuk cimol yang sempurna yaitu cimol yang berbentuk bulat mengembang, kenyal, dan gurih. Berikut dibawah ini adalah bahan-bahan dan takaran bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan untuk Cimol

  • Tepung Tapioka (tepung sagu) 200 gram

  • Tepung Terigu 100 gram

  • Bayam 3 gram

  • Bawang putih (dihaluskan) 2 siung

  • Kaldu Ayam bubuk ½ sdt

  • Gula pasir ½ sdt

  • Merica bubuk putih ½ sdt

  • Ketumbar bubuk ½ sdt

  • Air panas atau hangat 150 ml

  • Minyak (untuk menggoreng) 500 ml

Bahan-bahan untuk Saus Kecap

  • Air panas 50 ml

  • Kecap manis 3sdm

  • Cabe rawit (di iris tipis) 5 buah

Cara Membuat Cimol Terenak

Setelah anda berhasil menyiapkan seluruh bahan-bahan yang diperlukan tersebut. Kini, tugas anda adalah menyisihkan semua bahan tersebut ke dalam sebuah wadah, namun tetap harus dalam jangkauan anda guna mempermudah mengambilnya ketika anda memerlukan bahan-bahan cimol.

Langkah Pertama

Siapkan wadah yang besar yang dapat menampung tepung tapioka, tepung terigu, dan bahan-bahan lainnya kedalam wadah tersebut. Aduk seluruh bahan tersebut hingga rata, kecuali air panasnya.

Ketika adonan sudah tercampur rata, tuangkan air panas kedalam adonan tersebut sedikit demi sedikit, sembari diuleni. Uleni adonan hingga adonan menjadi halus atau kalis dan dapat mudah dibentuk.

Langkah Kedua

Ambil adonan yang sudah kalis, lalu ratakan di talenan yang sebelumnya sudah ditaburi dengan tepung tapioka. Potong adonan cimol tersebut yang sudah diratakan hingga adonan di wadah habis.

Setelah selesai memotong adonan cimol. Kini saatnya anda membentuk potongan cimol menjadi berbentuk bola-bola kecil seperti kelereng.

Langkah Ketiga

Selanjutnya letakkan potongan adonan cimol di kedua telapak tangan anda, dan bentuklah hingga bulat sempurna. Lakukan langkah ini hingga potongan adonan cimol habis.

Setelah selesai melakukan pembentukan adonan cimol tersebut. Siapkan minyak goreng didalam wajan diatas penggorengan tanpa menyalakan api.

Langkah Keempat

Taruh seluruh adonan cimol yang sudah bulat tersebut kedalam minyak yang dingin di dalam wajan tadi. Biarkan beberapa menit, lalu nyalakan api dengan api kecil saja. Aduk perlahan-lahan agar cimol tidak lengket dan saling menempel.

Guna dari menaruh cimol di minyak yang dingin adalah agar ketika nanti matang. Cimol yang mengembang tidak mengempis dank eras.

Langkah Kelima

Ketika Cimol sudah mengembang dan mengapung diatas minyak panas, tiriskan ke dalam piring cantik yang sudah disiapkan. Biarkan beberapa menit hingga minyaknya hilang.

Langkah Keenam

Selanjutnya sembari menunggu minyak tiris di cimol. Anda dapat melanjutkan langkah pembuatan saus kecap untuk pendamping cimolnya.

Tuangkan 3 sendok makan kecap manis kedalam air panas dan bahan lainnya yang sudah disiapkan. Lalu aduk rata hingga tercium aroma saus kecap manis pedas yang khas.

BACA JUGA : RESEP KERIPIK TEMPE

Langkah Terakhir

Sajikan cimol yang masih hangat dengan lumuran saus kecap manis pedas yang sudah dibuat. Kini, cimol terenak siap disajikan.

Penutup

Demikianlah resep dan cara membuat cimol terenak. Anda dapat langsung mempraktekkannya di rumah maupun di kos-kosan anda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *