3 Makanan Khas Sunda Ini Lezat Dan Begitu Menggiurkan

3 Makanan Khas Sunda Ini Lezat Dan Begitu Menggiurkan

 

Salah satu makanan favorit banyak orang adalah makanan khas Sunda. Kuliner khas dari Provinsi Jawa Barat ini memiliki beragam makanan Sunda yang begitu khas. Rasa masakan Sunda begitu otentik dan lezat, yang terkenal dengan rasanya yang gurih dan segar. Sehingga tidak heran jika makanan khas Sunda digemari dan dicintai banyak orang. Memang sulit rasanya untuk menahan godaan dari menu makanan khas Sunda yang begitu menggiurkan. 

Berikut dibawah ini rekomendasi 3 makanan khas Sunda lezat yang begitu menggiurkan, diantaranya yaitu :

  1. Soto Mie

Soto Mie merupakan makanan khas Sunda yang tidak hanya populer di Jawa Barat saja, namun juga di provinsi provinsi lain di dataran Jawa. Makanan khas Sunda yang berjenis kuah ini menggunakan bahan dasar mie yang terbuat dari tepung terigu, garam, juga telur. 

Ada banyak varian Soto Mie, namun yang paling terkenal di Indonesia adalah soto mie yang berasal dari Bogor dan Jakarta. 

Biasanya Soto Mie disajikan bersama kombinasi bahan lain seperti daging ayam, daging sapi, ataupun jeroan sapi seperti babat, urat, dan kaki sapi. Selain mie kuning dan bahan pengombinasi, Soto Mie juga banyak dihidangkan bersama irisan kentang rebus, telur ayam rebus, kacang, tomat, dan tauge. 

Soto Mie memiliki kuah kaldu yang terbuat dari kaldu ayam atau kaldu sapi. Soto Mie lebih nikmat disantap bersama nasi hangat, bawang goreng, sambal, jeruk nipis, kecap manis, cuka, juga emping. 

  1. Laksa Bogor

Laksa merupakan makanan yang sangat terkenal di kawasan Asia, termasuk di Indonesia, dimana salah satu laksa yang cukup terkenal adalah dari daerah Bogor. Dari segi tampilan, laksa Bogor mirip denga laksa pada umumnya. Namun bedanya, laksa Bogor menyajikan mie bersama dengan oncom sehingga memberikan cita rasa makanan khas Sunda. 

Selain itu juga laksa Bogor diperkaya dengan bumbu bumbu rempah pilihan yang menambah kelezatan dari kuah kuningnya. Kuah laksa Bogor berwarna kuning yang berasal dari penggunaan kunyit. 

Selain kunyit, digunakan juga bahan lainnya seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, juga kemiri. Untuk menciptakan rasa gurih, kuahnya itu diberi tambahan santan dan kaldu ayam. Setelah kuah kaldunya siap, ditambahkan juga oncom kedalamnya. 

Kuah yang telah berpadu dengan oncom sudah siap disantap dengan cara menyiramkannya ke piring yang telah berisi bihun, tauge, suwiran ayam, telur rebus, juga daun kemangi. 


Baca Juga: Resep Ayam Taliwang Asli yang Praktis, Bumbu Meresap Sempurna


  1. Baso Tahu

Baso tahu merupakan makanan khas Sunda yang digemari banyak orang dari berbagai kalangan mulai dari anak anak hingga dewasa. Baso tahu terbuat dari ikan yang digiling, lalu dibumbui, dan kemudian diselipkan ke dalam tahu. 

Jika masyarakat Bandung menyebutnya dengan nama baso tahu, biasanya di daerah lain makanan khas ini disebut siomay. Baso tahu atau siomay merupakan makanan berupa tahu yang berisikan adonan ikan dan telur yang biasanya disajikan bersama siomay, telur rebus, kol rebus, kentang rebus, juga pare. Bahan bahan yang digunakan tadi lalu disiram dengan bumbu kacang yang pedas. Cita rasa pedas yang dihasilkan berasal dari bumbu kacangnya itu sendiri. 

Jadi kalau siomay mendapatkan rasa pedas yang didapatkannya dari penggunaan sambal atau saos, maka untuk baso tahu tidak perlu ditambahi sambal karena bumbu kacangnya saja sudah pedas. 

Dari ketiga makanan khas Sunda lezat yang begitu menggiurkan diatas, mana yang menjadi favoritmu?

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *