4 Ide Menu Buka Puasa Berkuah Yang Lezat Dan Bergizi

4 Ide Menu Buka Puasa Berkuah Yang Lezat Dan Bergizi

4 Ide Menu Buka Puasa Berkuah Yang Lezat Dan Bergizi

Setelah berpuasa seharian, sangat penting untukmu memilih menu buka puasa yang tepat untuk mengembalikan tenaga dan mengisi perutmu lagi. Memilih menu buka puasa yang salah dapat menyebabkan perut kamu sakit. Salah satu menu buka puasa yang dianggap paling tepat untuk berbuka puasa adalah makanan berkuah yang hangat. Selain tidak akan membuat perut kamu sakit, buka puasa dengan makanan yang berkuah juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuhmu. 

Berbuka puasa dengan menu buka puasa berkuah dapat membantu mengembalikan cairan tubuh, mencegah perut begah, mencegah makan berlebihan saat berbuka, dan mendetoks tubuh kamu. Jadi, menu buka puasa berkuah apa saja yang sebaiknya disantap? 

Ini dia 4 ide menu buka puasa berkuah yang cocok dimakan saat waktu berbuka tiba : 

  1. Soto Lamongan 

Soto Lamongan tidak hanya terkenal karena rasa gurih kuah beningnya yang terbuat dari kaldu ayam kampung, namun juga karena biasanya disajikan dengan serbuk kerupuk udang dalam kuahnya atau yang lebih dikenal sebagai koya. 


Selain itu juga, isian soto Lamongan lengkap seperti ada suwiran daging ayam, irisan kol, tomat, daun bawang, bihun, kentang, hingga irisan telur ayam, sehingga membuat menu buka puasa berkuah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap untuk kamu berbuka puasa. 


  1. Sop Buntut

Didalam kuah sup buntut, biasanya buntut sapinya dimasak bersama tomat, kentang, kacang hijau, jagung, bawang putih, juga rempah rempah ala berbagai daerah di Indonesia, sehingga tercipta masakan yang kaya manfaat untuk kesehatan. Mulai dari untuk menambah energi hingga membantu mencegah kanker. Buntut sapinya sendiri yang menjadi bahan utamanya mengandung protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, juga zat besi yang akan membuat tubuh kamu makin kuat selama berpuasa.


  1. Sup Kepiting Asparagus

Menu buka puasa berkuah ini memiliki rasa yang pekat, gurih, dan sedikit manis sangat cocok disantap ketika waktu buka tiba. Sup ini tidak hanya enak, namun bahan bahan pada masakan ini juga bisa membuat puasa kamu lebih sehat. Kepiting dan putih telur mengandung protein tinggi yang akan membuat kamu lebih mudah merasa kenyang. Asparagusnya juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B, dan vitamin K yang dapat melindungi kamu dari sinar matahari, menjaga kesehatan mata, dan memperkuat tulang kamu. 


Baca Juga : Resep Dan Cara Membuat Soto Ayam Lamongan


  1. Bakso

Daging giling yang dibentuk bulat bulat ini memang sangat enak dan kaya protein yang dibutuhkan tubuh kamu juga. Selain itu, adanya lauk tambahan seperti mie keriting atau bihun, daun seledri, bawang goreng, kecap, sambal, dan kerupuk pangsit tidak hanya membuat bakso semakin enak saja, namun juga kaya karbohidrat. 


Namun, supaya menu buka puasa berkuah ini bisa memberi manfaat bagi tubuhmu, alangkah baiknya kamu menghindari bakso dengan bumbu yang mengandung terlalu banyak garam karena bisa menyebabkan tekanan darah kamu meningkat. 


Selain itu juga, hindari bakso bervariasi seperti bakso mercon atau bakso keju jika kamu alergi makanan berbahan susu. Tujuannya, supaya kamu terhindar dari sakit perut karena mengkonsumsi makanan yang membuat perut sensitif setelah tidak makan seharian. 

Selain itu masih ada menu buka puasa berkuah lainnya yang cocok dimakan saat waktu berbuka tiba seperti sup daging, ramen, suki dan sabu sabu, serta zuppa soup. Ternyata ada banyak pilihan menu buka puasa berkuah yang bisa kamu coba sesuai selera makanan favorit kamu.  

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *