ide-usaha-pemula-modal-kecil
Ilustrasi Usaha

biografinya.com – Memiliki modal kecil sering kali menjadi pertanyaan bagi para pengusaha pemula. Mulai dari apa bisnis yang dapat dijalankan dengan modal minim hingga bagaimana cara melakukannya. Padahal ada banyak ide usaha pemula dengan modal kecil yang dapat dilakukan. Bagi yang ingin memulai usaha namun memiliki keterbatasan modal, simak lebih lanjut ide bisnis untuk pemula berikut ini yang tidak membutuhkan banyak modal.

Bisnis Franchise Makanan

Bila memiliki beberapa bagian modal yang cukup, meski tidak seberapa besar namun dapat dimanfaatkan untuk membuka franchise makanan kecil-kecilan. Hanya dengan modal beberapa juta saja sudah ada beberapa franchise yang dapat diperoleh. Maka dari itu tidak perlu ragu jika ingin memulai jenis usaha yang satu ini. Misalnya franchise makanan ringan, cemilan, ataupun minuman kekinian. Perhatikan sistem yang ditawarkan serta kemungkinan pengembalian modal. Sehingga nantinya perolehan hasil bisnis dapat jauh lebih optimal.

Usaha Jasa Titip Beli

Membuka usaha jasa titip beli juga menjadi tren bisnis akhir-akhir ini. Terutama selama masa pandemi banyak yang memilih hanya tinggal di rumah saja dan berbelanja secara online. Kesempatan ini tentu dapat dimanfaatkan bagi para pebisnis muda untuk membuka jasa titip beli berbagai macam barang. Umumnya hal ini dilakukan untuk membantu berbelanja barang-barang bermerek yang ada di dalam mall terutama yang sedang mengadakan promo diskon cukup besar. Pembeli hanya perlu memilih melalui live shopping dan mentransfer sejumlah dana sesuai barang yang dibeli ditambah dengan biaya jasa. Meskipun terlihat sepele namun jika rutin dilakukan dapat memberikan hasil yang lumayan.

Jual Beli Sembako

Memiliki sejumlah modal yang tidak banyak dapat juga digunakan sebagai modal usaha jual beli sembako. Misalnya menjual telur atau beras di depan rumah. Tidak perlu mencari lokasi yang sulit, karena barang kebutuhan sehari-hari tentu menjadi bidikan seluruh masyarakat. Cobalah menjual dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jika mendapat respon positif maka lama kelamaan dapat menambah jumlah dan pilihan dagangan yang lebih beragam.

Bisnis Makanan Homemade

Satu lagi ide usaha pemula dengan modal kecil yang layak untuk dicoba. Cobalah memulai bisnis makanan homemade, misalnya membuat nugget atau salah homemade. Modalnya tidak terlalu besar namun dapat meraup keuntungan yang lumayan. Maklum saja, bisnis makanan umumnya mampu memberikan keuntungan mencapai 50%, sehingga jika dalam waktu singkat dapat berkembang, maka mampu menjanjikan hasil maupun pendapatan yang optimal.

Usaha Jual Beli

Menjalani usaha jual beli juga merupakan salah satu ide bisnis untuk pemula yang menarik dan menjanjikan. Mulai saja dengan usaha yang membutuhkan modal kecil seperti misalnya bisnis pakaian anak atau bisnis tas wanita. Cobalah melakukan promosi melalui media sosial dan lakukan pengecekan terhadap pasar. Jika hasilnya menjanjikan maka dapat melanjutkan bisnis tersebut dengan modal yang lebih besar. Ada baiknya keuntungan yang diperoleh di awal digunakan untuk modal selanjutnya. Sehingga dalam jangka waktu beberapa bulan dapat memberikan hasil yang signifikan.

Itulah lima ide usaha pemula dengan modal kecil yang dapat dicoba untuk dijalankan. Dengan modal yang minim maka menjalankan bisnis tetap menjadi hal yang mungkin. Asalkan dilakukan dengan giat dan kerja keras, tentu akan memberikan hasil yang tidak mengecewakan. Oleh sebab itu meskipun hanya memiliki modal yang terbatas, jangan ragu untuk beralih profesi menjadi seorang pengusaha. Yuk, segera mulai dari sekarang!