Banten merupakan Provinsi di Indonesia yang biasa disebut “Sunset of Java”. Istilah tersebut mengacu kepada letaknya yang di bagian ujung Jawa. Tak heran banyak para wisatawan tertarik datang ke Banten ini terutama menuju daerah-daerah pesisir pantai. Pada saat liburan, pantai-pantai tersebut selalu ramai wisatawan lokal serta luar daerah sesuai berita banten. Bagi yang ingin merasakan indahnya pulau-pulau Banten, berikut beberapa pulau yang dapat dijelajahi. 

Pulau Sangiang

Jika dilihat secara administratif, maka pulau Sangiang ada di Kabupaten Serang, lebih tepatnya Kecamatan Anyer. Pulau Sangiang sering didatangi wisatawan dan juga warga setempat. Di Pulau Sangiang, kalian bisa melakukan surfing, snorkeling, spearfishing, dan memancing. Kalian bisa juga tracking di area Pulau Sangiang ke goa atau pun bukit. Kamu dapat datang menuju Pulau Sangiang ini melalui agen wisata juga dengan itinerary 3 hari. Bisa juga mengikuti trip satu hari dengan warga setempat. Bisa dibilang Pulau Sangiang merupakan salah satu pulau favorit bagi banyak orang untuk didatangi. Di samping karena keindahan alam yang terjaga baik, ada juga berbagi spot wisata menarik di kawasan Pulau Sangiang.

Pulau Liwungan

Ada juga Pulau Liwungan yang berada di Panimbang, Pandeglang. Pulau Liwungan satu ini sangat asri serta alami. Air laut yang jernih kebiruan serta pasir pantai yang putih bersih menjadi daya tarik Pulau Liwungan. Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni, agar bisa mengunjungi Pulau Liwungan, kamu dapat datang ke Tanjung Lesung. Pada saat perjalanan menuju area ini, terdapat agen-agen wisata menawarkan paket berwisata ke Pulau Liwungan.

Pulau Oar

Selanjutnya ada Pulau Oar yang berada di Kabupaten Pandeglang juga tepatnya Desa Sumur.  Pulau Oar ini tak terlalu besar luasnya, mungkin seukuran lapangan basket saja. Maka dari itu kealamian serta keindahan pulaunya tetap terjaga. Pulau Oar memiliki pasir yang putih dan juga air laut jernih dengan arusnya yang tenang. Kamu dapat menyeberang menuju Pulau Oar dengan memakai perahu nelayan di sekitar area desa Sumur.

Pulau Peucang

Lalu ada juga Pulau Peucang, Pulau ini merupakan pulau di area selat Panaitan, Pandeglang. Pulau tersebut berada di bagian sebelah baratnya Taman Ujung Kulon. Pulau Peucang bahkan merupakan situs warisan UNESCO. Pada Pulau Peucang, kamu bisa menjumpai berbagai satwa liar pada habitatnya atau di hutan. Beberapa hewan yang bisa ditemukan di Pulau Peucang yaitu seperti burung merak, rusa, monyet berekor panjang, babi hutan, kijang, biawak dan sebagainya. Hutan di Pulau Peucang ialah ekosistem hutan tropis di dataran rendah. 

Pulau Panaitan

Selanjutnya ada Pulau Panaitan, berdasarkan administratif, maka pulau Panaitan ada di wilayah Pandeglang, Banten. Lebih dikenal Pulau Panaitan tersebut oleh surfer profesional. Hal tersebut dikarenakan Pulau Panaitan memiliki ombak besar yang cocok untuk main surfing. Selain pulau sebelumnya, Pulau Panaitan juga termasuk situs warisan dari UNESCO. Pulau Panaitan mempunyai luas kurang lebih 17 ribu ha. Pulau Panaitan juga mempunyai beberapa potensi wisata memesona. Misalnya saja seperti hutan pantai, vegetasi mangrove, serta hutan hujan. Itulah beberapa lokasi pulau yang berada di Banten yang tergolong masih alami. Dengan begitu, suasana beberapa Pulau tersebut sangat tenang. Ada pun beberapa pulau yang letaknya berdekatan sehingga bisa mengeksplorasi beberapa Pulau sekaligus. Demikian saja ulasan di atas mengenai beberapa Pulau yang ada di Banten dan layak dikunjungi untuk melepas penat.