Rab. Des 6th, 2023

Biografinya.com – Sudah sejak lama jeruk nipis atau Citrus Aurantifolis dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat.

Meski jeruk nipis berasa asam dan pahit, tetapi ternyata menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Buah satu ini tidak hanya digunakan sebagai tambahan pangan saja, tetapi juga jeruk nipis bisa digunakan sebagai alternatif pengobatan untuk berbagai macam penyakit.

Lalu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan membantu menyembuhkan berbagai penyakit itu apa saja?

Berikut dibawah ini manfaat jeruk nipis menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya yaitu:

1. Ambeien

Kebanyakan orang mengira bahwa yang bermanfaat dari jeruk nipis itu hanya pada daging buahnya saja, padahal pada bagian akarnya juga memiliki banyak manfaat.

Caranya mudah, ambil akar jeruk nipis sekitar 10 gram, lalu rebus didalam air 1 liter selama 30 menit.

Lalu saring airnya dan minum langsung dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali sehari. Cara ini selain mudah tetapi dipercaya efektif dapat mengatasi ambeien.

2. Amandel

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang lainnya adalah dapat mengatasi amandel. Caranya mudah, ambil 3 buah jeruk nipis lalu potong potong, kemudian rebus didalam 2 gelas air hingga tersisa airnya ¾.

Kemudian saring air rebusannya lalu gunakan untuk berkumur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 3 hingga 4 kali sehari.

3. Anyang Anyangan 

Ambil dua buah jeruk nipis lalu cuci bersih, kemudian diperas dan diberi gula batu secukupnya.

Setelah itu tambahkan air panas sebanyak 1 gelas, tunggu hingga hangat. Setelah hangat, minum air perasan jeruk nipis tersebut sekali sehari.

Baca juga: Cara Efektif Mengatasi Payudara Nyeri Saat Menyusui

4. Batuk

Salah satu manfaat jeruk nipis yang paling banyak disarankan adalah kemampuannya untuk mengatasi batuk.

Caranya mudah, coba ambil satu buah jeruk nipis lalu peras dan campurkan dengan satu sendok madu dan sedikit garam.

Kemudian aduk hingga rata dan saring air campuran jeruk nipis tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum campuran tersebut sebanyak 2 hingga 3 kali sehari.

5. Batuk Disertai Influenza

Ambil satu buah jeruk nipis lalu potong, kemudian rebus dalam air yang cukup banyak. Air perasannya diseduh didalam 60 cc air panas.

Lalu tambahkan ½ sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minum ramuan ini 2 kali sehari.

6. Bau Badan

Ternyata jeruk nipis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja tetapi juga dapat membantu menunjang penampilan yaitu mengatasi bau badan.

Caranya mudah, ambil jeruk nipis berukuran besar lalu potong menjadi dua bagian. Lalu olesi bagian irisan dengan kapur sirih secara tipis tipis.

Kemudian oleskan ke ketiak setelah mandi, dan biarkan hingga 5 menit. Setelah itu bilas bersih, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap pagi dan sore.

7. Batu Ginjal

Jeruk nipis juga ternyata khasiatnya bisa dirasakan oleh organ tubuh yang lainnya, dan salah satunya adalah ginjal.

Ambil dua buah jeruk nipis lalu peras dan campurkan dengan 2 gelas air hangat. Minum ramuan ini setelah makan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini selama 10 hari.

Selain itu masih ada beberapa penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan jeruk nipis seperti demam atau flu, mengatasi haid tidak teratur, setelah melahirkan, jerawat, mencegah rambut rontok dan ketombe, melebatkan rambut, menghentikan kebiasaan merokok, vertigo, radang tenggorokan, lendir di tenggorokan, meredakan nyeri terkilir, sakit gigi, dan beberapa penyakit lainnya.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

By Anonyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *