Kam. Mei 25th, 2023

Mari Pelajari Sifat Wajib Al Amanah Milik Rasul yang Patut Dicontoh Umat Muslim

Sebagai umat muslim, ada baiknya menyelami pelajaran-pelajaran baik dari nabi dan rasul. Setiap nabi dan rasul memiliki kisah inspiratif masing-masing, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pelajaran dan diambil hikmahnya sebagai perbaikan diri kedepannya. Tak hanya hikmah, anda dapat menerapkan sifat-sifat baik yang dimiliki oleh para nabi juga rasul.

Kali ini mari mempelajari salah satu dari 4 sifat wajib dari para rasul Allah SWT, yakni Al Amanah. Sifat ini memiliki arti dapat dipercaya, sifat kedua yang sangat amat melekat pada rasul Allah SWT. Setiap ucapan atau janji yang diberikan rasul pasti akan ditepati, mereka tidak mungkin mengingkari apa yang sudah diperbuat atau dijanjikan kepada siapapun.

Allah SWT sudah menjelaskan tentang sifat amanah atau dapat dipercaya ini dalam Al-Qur’an Surah An Nisa Ayat 58 yang berbunyi:

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

Yang artinya: “Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.”

Misal terjadi pada kaum Nabi Nuh AS yang tidak mempercayai kabar datangnya banjir bandang bahkan menganggap Nabi Nuh AS gila, sampai akhirnya Allah mempertegas bahwa Nabi Nuh AS merupakan sosok yang sangat dapat dipercaya atau bahasa lainnya adalah amanah pada Al Qur’an Surah Asy Syu’ara ayat 106 sampai 107 yang berbunyi:

اِذْ قَالَ لَهُمْ اَخُوْهُمْ نُوْحٌ اَلَا تَتَّقُوْنَ ۚ

اِنِّيْ لَكُمْ رَسُوْلٌ اَمِيْنٌ ۙ

Yang artinya: “Ketika saudara mereka (Nuh) berkata kepada mereka, “Mengapa kamu tidak bertakwa? (106), Sesungguhnya aku ini seorang rasul kepercayaan (yang diutus) kepadamu. (107)

Sifat dapat dipercaya atau amanah ini tidak semata-mata hanya untuk para rasul Allah SWT saja, tetapi juga wajib diterapkan oleh umat-Nya di seluruh dunia. Sebagai manusia harus bisa dipercaya oleh ayah, bunda, kakak, adik, keluarga, sahabat, teman, bahkan sampai orang yang baru saja kenal.

Jati diri seseorang akan menonjol jika terkenal memiliki sifat ini, karena kehidupan dibangun dari kepercayaan. Contoh kecil saja dalam membangun rumah tangga, harus didirkan atas dasar saling percaya. Jika salah satu dari pasangan mulai timbul rasa curiga karena tidak percaya, sudah dipastikan ceg-cog akan terjadi dan bisa saja sampai berujung ke perceraian yang harus mengorbankan anak-anak dari pasangan tersebut.

BACA JUGA : 15 Inspirasi Ucapan Ulang Tahun Islami Untuk Anak

Dapat dipercaya juga wajib diterapkan dalam segala lini kehidupan, mulai dari sebagai anak, sebagai orang tua, sebagai pasangan, sebagai teman, sebagai sahabat, sebagai saudara, sebagai murid, sebagai guru, sebagai pedagang, sebagai pekerja, sebagai penjaja jasa, sebagai pejabat, sebagai politikus, sebagai tokoh agama, sebagai pemimpin, sebagai rekan kerja, sebagai apapun anda hidup wajib hukumnya menjadi sosok yang dapat dipercaya oleh orang-orang disekitar anda. Ingat sekali anda mengecewakan seseorang, maka anda sudah kehilangan satu titik kepercayaan dari dia juga Allah SWT.

Sekian penjelasan tentang salah satu sifat wajib yang dimiliki oleh rasul Allah SWT, Sifat Al Amanah atau dapat dipercaya sangat baik jika kita terapkan pada diri sendiri sebagai sosok umat muslim yang patuh kepada Allah SWT untuk menjaga keberlangsungan hidup kita bersama.


By Anonyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *