makanan-khas-lampung
Geguduh

biografinya.com – Selain terkenal dengan keindahan objek wisata bahari, Lampung juga terkenal dengan beragam makanan khasnya. Tidak hanya menghasilkan kopi hitam yang lekat nikmat, anda juga bisa menemukan berbagai macam makanan tradisional yang lezat. Buat anda yang melewati atau singgah di Lampung, berikut ini adalah makanan khas Lampung yang patut dicoba.


1. Seruit

Salah satu makanan khas Lampung yang paling banyak dikenal masyarakat Indonesia adalah Seruit. Apa sih Seruit? Ini merupakan makanan khas dari Lampung yang biasa dihidangkan pada acara jamuan seperti acara pernikahan, acara keluarga, acara adat dan juga acara keagamaan. Meskipun begitu, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai hidangan sehari-hari masyarakat Pepadun. Seruit bukanlah makanan bersantan, tetapi ini merupakan ikan bakar yang dicampur sambal terasi khas kota Bandar Lampung. Ada banyak jenis ikan yang bisa digunakan untuk menjadi Seruit. Tetapi jenis yang paling umum digunakan adalah ikan baung, ikan lais dan ikan balide. Rasanya akan semakin nikmat ketika anda menyantapnya bersama lalapan.


2. Tempoyang

Kalau membahas makanan khas Lampung, maka tidak bahasannya tidak jauh dari Tempoyang. Ini adalah makanan yang diolah dari buah durian. Durian yang digunakan adalah durian yang sudah difermentasikan. Untuk mendapatkan tempoyang yang sangat lezat, pemilihan buah durian sangatlah penting. Jika anda mau membuatnya, pilihlah buah durian yang berkualitas baik dan benar-benar matang. Masa fermentasi biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 5 hari. Ini adalah sambal khas yang nikmat dari Lampung. Nah, anda bisa makan seruit yang enak bersama tempoyang.


3. Geguduh

Lampung adalah wilayah di Indonesia yang terkenal dengan hasil perkebunan pisangnya. Maka tidak mengherankan jika banyak olahan buah pisang ketika melewati Lampung. Selain keripik pisang, ada juga olahan pisang lainnya berupa geguduh. Makanan ini memiliki rasa manis. Kue ini biasanya disajikan untuk para tamu, santapan pribadi dan keluarga. Bahan utama geguduh adalah pisang, tepung terigu, susu dan selai. Adapun jenis pisang yang paling banyak dipilih adalah pisang kepok.


Baca Juga: 5 Resep Olahan Daging Sapi yang Sederhana dan Praktis


4. Pindang

Lampung juga memiliki makanan pindang yang khas. Ini adalah makanan dari kota Lampung yang wajib anda cicipi. Rasanya asam gurih, sehingga membuat pindang terasa unik. Aromanya pun sangat kuat. Makanan khas Lampung ini biasa disajikan bersama kuah berwarna kuning. Nah, aroma pindang yang kuat itu berasal dari daun kemangi yang dicampurkan ke dalam kuahnya.


5. Kemplang

Tidak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi makanan khas Lampung ini ketika singgah di kota Lampung. Kemplang merupakan camilan wajib yang harus dicoba. Tidak hanya disantap di perjalanan, ini adalah oleh-oleh favorit ketika mengunjungi Lampung. Kemplang adalah sejenis kerupuk yang unik. Bahan dasarnya adalah ikan. Rasanya tentu gurih dan khas. Rasa kemplang dari Lampung pun berbeda daripada daerah lainnya. Makanan ini pun sehat karena tidak digoreng, tetapi dipanggang. Selain biasa dijadikan camilan, kemplang biasa dijadikan lauk ketika makan.


Demikian itu adalah makanan khas Lampung yang banyak dicari. Tidak hanya disukai oleh masyarakat lokal, para wisatawan yang berkunjung ke Lampung pun biasa mencari makanan-makanan khas Lampung tersebut untuk disantap. Barangkali anda singgah di Lampung, jangan ragu untuk mencicipi atau menyantap makanan khas Lampung tersebut. Jika masih kurang puas, anda bisa merasakan makanan khas lainnya. Karena Lampung memiliki begitu banyak makanan khas yang wajib anda coba.