resep-kue-ulang-tahun-anak


biografinya.com – Anak menjadi harta yang tak ternilai harganya. Maka ketika ulang tahun sudah tiba, kita sebagai orang tua berusaha membuatkan acara ulang tahun. Meskpin acara ulang tahunnya sederhana namun tetap ada kue ulang tahun. Kue ulang tahun menjadi hal yang ditunggu anak pastinya. Rasanya yang enak dan juga tidak ada yang mengalahkan di momen ulang tahun. Kue ulang tahun anak biasanya dibuat sendiri adalah hal yang special. Maka anda bisa membuat kue ulang tahun anak sendiri di rumah. Tidak usah membayangkan keribetannya. Anda bayangkan saja betapa bahagiannya wajah anak memakan kue ulang tahun enak buatan anda. Jadi berikut resep kue ulang tahun anak yang special, wajib anda coba di rumah. 

  1. Kue Ulang Tahun Tema Cokelat

Bahan-Bahan: Telur Ayam 6 Butir 

Gula Pasir Sebanyak 225 Gram

Sp Sebanyak ½ sendok teh

Cokelat Bubuk Sebanyak 50 gram

Garam

Tepung Terigu Sebanyak 125 gram

Backing Soda ½ sendok teh

Minyak goreng 

Dcc 100 gram

Kinder joy 2 buah

Ceres Cokelat Susu

Coeklat Batangan

Mentega

Cara Membuat Kue Ulang Tahun tema Cokelat:

  • Lelehkan dahulu dcc dengan menambahkan minyak goreng sebanyak kurang lebih 150 gram. Setelah itu angkat dan dinginkan dahulu.

  • Hal selanjutnya membuat adonan kue ulang tahun anak dengan memasukkan telur, sp, backing soda, gula dan kemudian dimixer hingga adonannya bewarna putih berjejak. Berjejak artinya adonannya sudah bagus dan siap untuk ditambahkan bahan lainnya.

  • Setelah anda matikan mixernya dan sisihkan. Masukkan bahan lainnya seperti cokelat bubuk dan juga vanili. Anda bisa masukkan 2 buah vanilla jika anda ingin kuenya wangi. Kemudian anda saatnya memasukkan dcc dan minyak yang sudah leleh tadi.

  • Aduk lagi adonannya secara merata namun tidak dimixer lagi. 

  • Setelah itu anda siapkan panci kukusan yang ukuran besar agar muat Loyang yang besar.

  • Jika sudah masukkan adonannya ke dalam Loyang bentuk apapun. Setelah itu kukus hingga matang. Anda bisa mnegeceknya sesekali agar tidak kering. 

  • Setelah itu angkat kue dari panci kukusan. Selanjutnya dinginkan dahulu jangan dihias dahulu.

  • Ketika sudah dingin kuenya barulah oleskan mentega. Setelah itu anda taburkan ceres cokelat di atasnya penuh. Kemudian tempelkan dipinggirkan mentega juga. Kemudian tempelkan cokelat batangan yang sudah diiris dan dipotong dahulu. Kemudian anda tambahkan kinder joy sebagai hiasan di atasnya. Anak anda dijamin pasti suka.

  1. Resep Kue Ulang Anak tema Pink Cokelat

Bahan-bahan: Gula Pasir Sekitar 120 Gram

Telur 5 butir namun gunakan putih telurnya 4 butir saja

Susu bubuk Dancow Sebanyak 27 gram

Vanilla Essence

Sp Sebanyak 1 sendok the

Butter wijsman 100 gram

Tepung Terigu merek segitiga biru 100 gram

Krim Putih Kemasan

Pewarna Makanan Pink 

Cokelat Caca Warna Warni

Cara Membuat:

  • Lelehkan terlebih dahulu butter wijsman dalam api kecil saja.

  • Setelah itu masukkan kuning telur 5 buah dan putih telur 4 buah. Kemudian tambahkan gula, sp dan juga vanilla essence. Anda aduk dengan mixer hingga adonannya menjadi mengembang bewarna putih. Jika sudah mengembang, masukkan tepung terigu yang 1 sendok demi 1 sendok. Setelah itu aduk lagi adonannya dan masukkan cucu bubuk dancownya. 

  • Selanjutnya anda masukkan butter wijsman yang tadi sudah dilelehkan. Pastikan mengaduknya perlahan dan semuanya tercampur. Jangan sampai ada adonan tersisa seperti terigu yang menggumpal.

  • Kemudian masukkan dalam Loyang kue. Panggan di dalam oven dengan suhu sedang. 

  • Sesekali anda cek kuenya ketika berada di dalam oven. Pindahkan ke tengah jika memang sudah matang bagian bawahnya.

  • Selanjutnya anda masukkan krim putih kocok dalam wadah dan tambahkan pewarna makanan pink. Aduk hingga merata semuanya.

  • Setelah matang kuenya angkat dan taruh dahulu di piring kue. Kemudian hiaskan kuenya dengan krim bewarna pink dan juga taburkan cokelat caca dengan desain sesuai selera anda.

  1. Resep Kue Ulang Tahun Dengan Full Cokelat

Bahan-Bahan: 8 BUtir Telur Ayam

TBM sebanyak 2 sendok makan

Tepung Terigu Sebanyak 2 gelas ukuran sedang

Gula Pasir Sebanyak 2 gelas ukuran sedang

Mentega Dicairkan Sebanyak 400 Gram

Cokelat Batang

Selai Cokelat

Astor Coeklat

Cadburry Cokelat 

Bahan-Bahan Butter Cream Cokelat : Kental Manis

                        Mentega Putih ½ Kg

Cara Membuat:

  • Masukkan gula pasir dan 8 butir telur ayam ke dalam wadah mixer. Selanjutnya anda mixer telur dan gulanya hingga putih yang mengembang. Anda tahu bagaimana adonannya mengembang dengan benar, adalah ambil adonan dan berusaha tumpahkan lagi. Ketika ditumpahkan namun tidak langsung jatuh, maka adonan sudah sempurna. 

  • Selanjutnya masukkan tbm dan aduk lagi secara perlahan.

  • Kemudian anda masukkan lagi 1 gelas tepung terigu sedikit lalu aduk dan masukkan lagi sampai habis. Mixer dengan kekuatan sedang saja.

  • Lalu anda masukkan mentega yang sudah meleleh ke dalam adonannya. Setelah aduk lagi secara perlahan saja.

  • Masukkan adonan kue ke dalam tempat kue yang sudah diolesi mentega dan ditaburi tepung terigu. Jika sudah panggang hingga matang dengan suhu sekitar 180 derajat celcius.

  • Setelah itu anda buat butter krim cokelatnya dengan mengocok mentega putih dan kental manis. Setelah itu lelehkan cokelat batangan dan campurkan pada butter krimnya. Jika sudah anda sisihkan dahulu butter krimnya.

  • Setelah anda cek kuenya matang dinginkan dahulu agak lama. Setelah itu potong menjadi 2 bagian. Tambakan selai cokelat di salah satu potongan kue. Tumpuk potongan kue satunya di atasnya. Setelah itu oleskan butter krim cokelat tadi.

  • Untuk topping tambahkan cokelat cad burry yang diparut dan hias dengan astor cokelat juga yang ditancapkan pada kue.

Ketiga resep kue di atas adalah beberapa rekomendasi kue ulang tahun anak yang mudah saja. Dalam membuat kue ulang tahun sebenarnya kuncinya ada pada topping dan tema kue. Jika anak anda suka sekali cokelat, maka usahakan semuanya cokelat. Jika anak anda perempuan anda bisa berkreasi warna dengan butter krim putih hanya dengan menambahkan beberapa pewarna makanan saja maka butter krim bisa berubab menjadi banyak warna. Anda bahkan bisa membuat kue dengan tema pelangi.

Anda bagi dalam beberapa wadah berbeda butter krimnya. Selanjutnya masukkan warna pink ke dalam wadan pertama, warna kuning ke butter krim kedua dan masukkan pewarna ungu ke dalam butter krim ketiga dan seterusnya. Setelah itu anda siapkan puit untuk menghias kuenya. Nah anda buah satu persatu sesuai warna dengan puit bentuk melingkar layaknya pelangi. Lakukan hal yang sama pada warna lainnya. Selanjutnya anda tambahkan hiasan lainnya seperti awan dengan butter krim putih. Kemudian anda bisa tambahkan ceres bewarna biru untuk menciptakan langit atau hujan yang cantik. 

        

Baca juga: Resep Gudeg Makanan Khas Jogja yang Enak dan Lezat