Beberapa Tokoh Penemu Telepon, Sudah Tahu Belum? Simak di Sini!

Sumber: Blibli

Telepon merupakan fasilitas yang sangat bermanfaat karena bisa menghubungkan setiap orang dengan yang lainnya dalam jarak yang tidak terbatas. Kemudahan fasilitas ini tentunya tidak terlepas dari seorang tokoh penemunya. Siapa kira-kira penemu telepon yang sesungguhnya? Simak beberapa  tokoh yang dianggap sebagai penemu telepon berikut ini!

1. Alexander Graham Bell 

Sumber: Wikipedia

Alexander Graham Bell merupakan seorang tokoh yang dillahirkan pada 3 Maret 1847-2 Agustus 1922 yang dianggap sebagai seorang ilmuwan, pencipta, dan pendiri perusahaan telepon bell. 

Selain terkenal karena karyanya dalam bidang teknologi, Bell juga telah menyumbangkan kemajuan penting dalam bidang teknologi penerbangan dan hydrofoil. Bell berasal dari Skotlandia, Britania Raya. 

Bell umumnya dikenal sebagai salah satu tokoh penemu telepon pada tahun 1876 di Amerika Serikat namun menurut Kongres 2002 yang menetapkan bahwa Antono Meuccilah yang menemukan telepon terlebih dahulu. 

2. Antonio Meucci 

Sumber: Wikipedia

Sosok tokoh Antonio Meucci merupakan salah satu toko yang terkenal dalam bidang penemuan telepon. Tokoh ini lahir di San Fransisco, Firenze pada tahun 1808. 

Ia merupakan lulusan akademik kesenian Firenze yang bekerja di Teatro della Pergola sampai pada tahun 1835 yang kemudian ditawari pekerjaan di Havana, Kuba yang akhirnya menyebabkan ia bermigrasi bersama istri dan anaknya. 

Ia termasuk salah satu penemu modern yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini yakni telepon. Meskipun lebih dikenal Alexander Graham Bell sebagai penemu telepon, namun sepertinya sejarah harus diulang kembali karena kerajaan Italia mengumumkan bahwa Antonio lah yang menciptakan telepon pada tahun 1871. 

Ia menciptakan teknologi telepon ini selama siang dan malam untuk membuat alat-alat ciptaannya. Disebabkan karena tidak punya uang untuk membayar paten telepon,ia harus membayar paten sementara yang berlaku hanya setahun dan harus diperpanjang untuk setahun yang akan datang. 

3. Elisha Gray 

Sumber: Graybar

Elisha Gray merupakan salah satu tokoh yang ikut merancang telepon menggunakan mikrofon air di Highland Park, Illinois. Sosok tokoh ini dilahirkan pada 2 Agustus 1835-21 Januari 1901 yang merupakan seorang insinyur listrik Amerika yang ikut mendirikaan Western Electric Manufacturing. 

Beberapa penulis berpendapat bahwa Gray harus dianggap sebagai penemu telepon yang sebenarnya karena Alexander Graham Bell diduga mencuri ide pemancar air dari tokoh ini. meskpun Gray telahh menggunakan pemancar air dalam eksperimen teleponnya selama lebih dari dua tahun sebelumnya, paten telepon Belll telah ditegakkan dalam berbagai keputusan pengadilan. 

Baca juga: Raden Ajeng Kartini dan Perjuangan di Bidang Kebangsaan

4. Tivadar puskas 

Sumber: Wikipedia

Tivadar Puskas ini merupakan salah satu tokoh penting yang dianggap sebagai penemu telepon. Ia lahir pada tanggal 17 September 1844- 16 Maret 1893. Ia dianggap sebagai seorang penemu, perintis telepon, dan penemu pertukaran telepon dari Hungaria. 

Ia juga seorang pendiri telepon Hirmondo. Ia berasal dari keluarga Puskas dari Ditro yang masih termasuk dalam bagian bangsawan Hongaria Transilvania. Puskas belajar hukum dan kemudian mendalami ilmu teknik. 

Puskas sedang mengerjakan idenya untuk pertukaran telegraf ketika Alexander Graham Bell menemukan telepon. Hal ini membawanya untuk melihat kembali karyanya dan akhirnya dia memutuskan untuk menghubungi penemu Amerika Thomas Edison. 

Puskas akhirnya mulai berkonsentrasi untuk menyempurnakan rencananya untuk membangun pertukaran telepon. Menurut Edison, Puskas merupakan orang pertama yang mengusulkan ide mengenai pertukaran telepon yang didasarkan pada gagasan Puskas yang akhisrnya dibangunlah Bell Telephone di Boston pada tahun 1877. 

Pada tahun 1887, ia memperkenalkan switchboard multipleks yang merupakan langkah revolusioner dalam pengembangan pertukaran telepon. 

5. Thomas Edison 

Sumber: Wikipedia

Tokoh ini menemukan mikrofon karbon yang menghasilkan sinyal telepon yang kuat. Thomas dilahirkan pada 11 Februari 1847- 18 Oktober 1931 yang dikenal sebagai seorang penemu dan pengusaha Amerika. 

Dia mengembangkan banyak perangkat di bidang-bidang seperti pembangkit tenaga listrik, komunikasi massa, perekaman suara, dan film. Ia merupakan salah satu penemu pertama yang menerapkan prinsip-prinsip ilmu terorganisir dan kerja tim untuk proses penemuannya dan yang dilakukan dengan banyak peneliti dan karyawan.