Manfaat Baik Temulawak Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Manfaat Baik Temulawak Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

manfaat-temulawak-untuk-kesehatan

Biografinya.com – Salah satu tanaman herbal yang banyak manfaatnya adalah temulawak. Pada awalnya, temulawak ini banyak tumbuh di hutan, terutama hutan jati yang tumbuh bersama jenis temuan-temuan lainnya. Selain itu, temulawak ini juga banyak tumbuh di padang alang-alang dan tanah-tanah kering. Akan tetapi, sekarang ini curcuma xanthorrhiza banyak dibudidayakan di dataran tinggi.

Rimpang temulawak ini mengandung berbagai kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, seperti minyak atsiri, pati, kurkuminoid, protein, selulosa, lemak, dan mineral. Dan kandungan yang paling dominan pada rimpang temulawak ini adalah pati. Dimana, pati ini biasanya berwarna putih kekuningan karena mengandung kurkuminoid.

Kurkuminoid sendiri merupakan zat pemberi warna kuning pada kunyit dan temulawak. Selain terdapat banyak kandungan, dalam temulawak ini terdapat 3 zat aktif yang terkandung dalam rimpang temulawak, di antaranya:

  • Germakron
    Germakron ini merupakan zat antiradang dan menghambat pembengkakan
  • P-toluilmentillkarbonol dan seskuiterpen d-kamper
    Zat yang satu ini dapat meningkatkan produksi dan empedu
  • Tumeron
    Tumeron ini merupakan zat antimikroba.

Memang jika dilhat secara sekilas, temulawak ini hampir sama bentuknya dengan kunyit. Namun, sebenarnya ada perbedaan antara temulawak dan kunyit. Misalnya, dari segi daun, kunyit memiliki daun tunggal dengan bentuk memanjang hingga 20-40 cm dengan lebar daun 8-12,5 cm. Selain itu, daun kunyit memilkii bentuk seperti tulang yang menyirip dan memiliki warna hijau. Kunyit juga memilki daun dengan ujung dan pangkal yang runcing dengan tepi daun yang rata. Sedangkan untuk temulawak, temulawak ini memiliki daun yang lebar yang dihubungkan dengan pelepah dan tangkal daun yang panjang.

Lalu apa manfaat temulawak ini? Berikut di bawah ini 4 manfaat temulawak untuk kesehatan yang perlu diketahui di antaranya yaitu:

1. Untuk Mencegah Kanker

Manfaat temulawak yang bisa anda temukan untuk kesehatan adalah dapat mencegah kanker. Karena pada temulawak ini terdapat kandungan antioksidan tinggi yang mampu menyusutkan sel kanker serta mencegah terbentuknya kanker badan. Dimana, temulawak ini sangat bermanfaat untuk membantu dalam pengobatan kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara. Hal ini didukung dengan sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001, yang menunjukkan bahwa temulawak ini bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan kanker prostat. Selain itu, para peneliti dari University of Maryland Medical Center juga menyatakan bahwa tanaman-tanaman herbal mungkin dapat membantu untuk menghentikan pertumbuhan kanker dengan adanya zat antioksidan yang terkandung di dalamnya, termasuk pada temulawak.

2. Untuk Mengatasi Peradangan

Manfaat temulawak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat mengatasi peradangan. Pada temulawak ini terdapat senyawa anti radang yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan. Dimana, senyawa tersebut bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang dapat memicu peradangan akibat luka pada tubuh.

3. Untuk Membantu Proses Metabolisme Tubuh

Manfaat lainnya yang bisa anda temukan pada temulawak ini adalah memiliki manfaat dalam membantu proses metabolisme tubuh. Hal ini dikarenakan pada temulawak terdapat kandungan pati dan turmerol yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

4. Untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat temulawak untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat menurunkan kolesterol. Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi bisa coba mengonsumsi temulawak. Karena temulawak ini dipercaya mampu menurunkan kolesterol berkat adanya kandungan kurkuma tinggi yang bisa membantu menurunkan kolesterol jahat yang bernama low density lipoprotein (LDL).

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan yang bisa Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Baca juga: 5 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *