payudara-nyeri-saat-menyusui

Biografinya.com – Salah satu momen paling berharga antara ibu dan si buah hati adalah menyusui. Oleh karena itu pastinya ibu sangat mengharapkan masa masa menyusui bisa berjalan dengan lancar dan nyaman.

Tetapi sayangnya terkadang adanya beberapa ibu yang mengeluh nyeri payudara saat menyusui. Lalu apakah payudara yang merasa nyeri ini sesuatu yang wajar atau tidak?

Lalu bagaimana cara mengatasi payudara nyeri saat menyusui sehingga nantinya masih bisa memberikan ASI pada bayi?

Sebenarnya payudara yang merasa nyeri saat menyusui adalah kondisi wajar yang terjadi diawal. Saat masa awal atau diminggu pertama menyusui, kemungkinannya ibu belum terlalu terbiasa dengan kondisi ini.

Di masa awal menyusui ini ibu belum memahami sepenuhnya tentang cara menyusui, posisi menyusui, hingga teknik yang benar tentang perlekatan mulut bayi dengan putting payudara (latch on).

Karena jika ibu menerapkan teknik menyusui yang salah maka nantinya bisa menimbulkan rasa sakit. Tetapi keluhan payudara sakit ini lama kelamaan akan berangsur hilang setelah ibu mulai terbiasa menyusui.

Ada beberapa faktor penyebab payudara merasa nyeri seperti kurang tepatnya perlekatan bayi dengan putting udara, bayi mengalami tongue tie, luka atau cedera karena pompa ASI, munculnya lepuhan pada payudara, dan infeksi jamur.

Sekarang saatnya mencari cara efektif mengatasinya, berikut dibawah ini cara efektif mengatasi nyeri payudara saat menyusui diantaranya yaitu:

payudara-nyeri

1. Memastikan Si Kecil Menyusu Dengan Benar

Posisi menyusui yang kurang tepat dan kurang nyaman dapat membantu mengatasi munculnya rasa nyeri pada payudara saat sedang menyusui si kecil.

Tetapi saat bayi sedang menyusu, jangan menghentikan dan melepaskannya. Karena melepas bayi saat sedang menyusu akan membuatnya menjadi kaget dan rewel.

Sebaiknya ibu menggeser tubuh atau kepalanya secara perlahan lahan sambil posisi bayi tetap menyusui jika ibu ingin berganti posisi untuk meredakan payudara nyeri.

Baca juga: 4 Tips dan Cara Cepat Hamil Setelah Haid Selesai

2. Tidak Menunda Nunda Menyusui 

Payudara yang terasa nyeri dan sakit, kemungkinannya akan membuat ibu menjadi takut untuk menyusui. Hal ini kemungkinannya akan membuat ibu menunda nunda memberi ASI hingga bayi benar benar merasa lapar.

Padahal menunda nunda menyusui ini hanya akan membuat bayi menjadi lebih kasar dan cenderung menggigit putting susu ibu saat akhirnya menyusui juga.

Sedangkan menyusui saat suasana hati si kecil masih baik bisa menjadi kesempatan baik bagi ibu untuk mengatur posisinya supaya lebih nyaman dan mengurangi rasa sakit saat menyusui.

3. Menjaga Payudara Tetap Kering 

Nyeri payudara saat menyusui juga terjadi saat payudara ibu mengalami infeksi jamur atau bakteri. Oleh karena itu pastikan bagian tubuh ini selalu tetap kering dan bersih.

Ada baiknya ibu memilih bra atau pakaian dari bahan katun yang cukup dingin, menyerap keringat dan cairan, serta membantu melancarkan sirkulasi udara diarea payudara.

Setelah selesai menyusui, sebaiknya ibu menunggu hingga payudara benar benar kering terlebih dahulu, lalu menggunakan bra atau pakaian.

Selain itu masih ada cara efektif lainnya untuk mengatasi nyeri payudara saat menyusui yaitu tidak menyabuni payudara terlebih dahulu.

Pasalnya penggunaan sabun pada area payudara ini terlebih putting susu akan membuatnya menjadi kering dan pecah pecah.

Oleh karena itu ibu harus selalu membersihkan payudara dengan air hangat saja tanpa harus menggunakan sabun mandi. Cara ini dapat membantu meredakan payudara nyeri saat menyusui.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sinar Matahari Yang Harus Anda Ketahui