Cerita Inspiratif tidak hanya dimiliki oleh kaum pria saja. tetapi juga dimiliki oleh para kaum wanita. berikut ini kisah dari 7 tokoh wanita Indonesia yang bisa kita jadikan pelajaran. 

  1. Sri Mulyani Indrawati 

TOKOH WANITA INSPIRATIF SRI MULYANI INDRAWATI

Sosok wnaita ini patut menjadi perhatian baik di dalam maupun di luar negeri. Pada tahun 2018 beliau pernah mendapatkan suatu penghargaan sebagai menteri keuangan terbaik ke Asia Pasifik Timur. 


  1. Retno Marsudi 

Tokoh Wanita INSPIRATIF RETNO MARSUDI

Beliau merupakan satu-satunya menteri yang berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi di luar negeri. 

Penghargaan-penghargaan yang beliau dapat antara lain Order Of Merit (Grand Officer), Bintang Kehormatan Malali, dari pemerintah Afghanistan dan juga Bintang Jasa Tertinggi dari Raja Norwegia. 

Dari berbagai penghargaan tersebut maka mampu menjadikan cerita inspiratifnya sebagai motivasi untuk kita agar lebih giat lagi dalam menjalani suatu hal. 


  1. Susi Pudjiastuti 

tokoh wanita inspiratif susi pudjiastuti

Ibu Susi merupakan mantan menteri kelautan Indonesia yang sangat berani. Beliau pernah menenggelamkan kapal-kapal asing yang tidak memiliki izin melintas di perairan Indonesia. 

Mengapa demikian? Karena kapal-kapal asing ini ingin mengambil hasil laut Indonesia tanpa izin. Selain keberaniannya ini, beliau juga mampu meningkatkan angka ekspor produk perikanan di Indonesia. 

Tetapi dengan keberaniannya ini, Ibu Susi hanya seorang lulusan SD, namun hal itu tidak menutup semangat beliau untuk terus belajar mengenai hal-hal baru. Serta beliau juga memiliki banyak teman yang bisa di pelajari ilmunya.


  1. Najwa Shihab

tokoh wanita inspiratif najwa shihab

siapa yang tidak mengenal wanita cerdas dan kritis satu ini. Dirinya sering muncul di layar kaca tv untuk memberikan tanggapan-tanggapannya mengenai permasalahan yang ada di Indonesia. Tidak jarang Najwa juga berdebat dengan para petinggi-petinggi negara. 

Dengan segudang prestasinya itu Najwa mendapatkan penghargaan di Amerika sebagai Senior Journalist Seminar. 

Maka dari itu banyak sekali hal yang kita bisa ambil dari mbak Nana ini. semangatnya untuk terus belajar dan juga untuk terus memperbarui ilmu-ilmunya bisa menjadi cerita inspiratif bagi kita semua.  


  1. Butet Manurung 

tokoh wanita inspiratif butet manurung

Guru disebut juga pahlawan tanpa tanda jasa. Begitu juga dengan Butet Manurung. Beliau rela meninggalkan kehidupannya di kota demi mengajarkan pendidikan kepada orang-orang di pedalaman. 

Kita patut menjadikannya teladan karena bentuk kepeduliannya dengan standar pendidikan di Indonesia serta kecintaan terhadap kondisi alam di Indonesia. Bahkan saat ini tidak sedikit dari kita yang masih belum tanggap terhadap kondisi pendidikan masyarakat di pedalaman. 


  1. Merry Riana 

tokoh wanita inspiratif merry riana

Wanita kelahiran Jakarta ini sudah banyak dikenal di masyarakat. Dirinya pernah melalui hidup yang tidak mudah saat menjalani studi di Singapura. Kemudian beliau membagi cerita inspiratifnya melalui bukunya sejuta dolar dan juga filmnya. 

Kisahnya yang menjalani hidup disana serba kekurangan. Hingga memaksa Merry untuk menjalani kuliah sambil bekerja. 

Bahkan Merry ingin mewujudkan mimpinya untuk sukses sebelum usia 30 tahun. Hal ini sudah terwujud dengan saat ini beliau menjadi motivator di berbagai acara. Kisah ini mengajarkan kita untuk belajar hidup mandiri. Serta berani bertanggung jawab terhadap diri kita sendiri. 

  1. Melati Wijsen 

tokoh wanita inspiratif melati wijsen

Melati sendiri diketahui masih memiliki usia yang sangat muda. Tetapi Melati sudah mampu mendirikan program yang memiliki fokus untuk memerangi sampah-sampah plastik. Beliau juga sudah mendapatkan banyak penghargaan di Indonesia maupun di luar negeri. 

Meskipun mungkin kita meremehkan sampah. Tetapi jika tidak tertangani dengan baik maka juga akan merusak ekosistem lingkungan kita. Kita patut meneladani sikapnya yang peduli dengan lingkungan sekitar meskipun di usia nya yang begitu muda. 

Itulah cerita inspiratif wanita Indonesia yang memberikan semangat. Jangan putus asa dan hari esok akan lebih baik.