Biografinya.com – Salah satu tanaman yang banyak khasiatnya dan sering digunakan sebagai obat tradisional adalah jahe merah.

Dimana, jahe merah (Zibgiber officinale var Rubrum) ini merupakan tanaman dengan rimpang berwarna merah serta ukurannya lebih kecil dari jahe putih/kuning(jahe badak).

Selain itu, jahe merah ini juga biasanya baru bisa dipanen ketika sudah tua. Berbeda dengan jahe biasa yang bisa dimanfaatkan saat usianya masih muda maupun tua.

Karena ketika jahe merah ini sudah matang atu tua, maka tanaman ini mengandung minyak atsiri yang lebih banyak dibandingkan jahe biasa.

Inilah yang membuat rasa jahe merah lebih pedas dibandingkan jahe biasa. Lalu apa manfaat jahe merah untuk kesehatan?

Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Dalam sebuah riset membuktikan bahwa manfaat jahe merah untuk kesehatan adalah sebagai peluruh kentut (karminatif), antimuntah, pereda kejang, antipengerasan pembuluh darah, antiperadangan, peluruh keringat, animikroba dan parasit, antipiretik, antirematik, serta merangsang pengeluaran getah lambung serta getah empedu.

Jahe merah ini sering diolah menjadi minuman yang bisa menghangatkan badan saat cuaca hujan/dingin. Selain itu, ada juga beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan diantaranya :

1. Memiliki Sifat Anti Radang

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang pertama adalah memiliki sifat anti radang. Hal ini dikarenakan pada jahe merah terdapat kandungan gingerol, gingerdione, dan zingeron yang mampu menghambat prostaglandin yang merupakan mediator radang.

Dimana, efek tersebut sama dengan efek anti radang dari asam mefenamat dan ibuprofen yang merupakan obat antiradang nonsteroid (NSAIDs).

2. Meningkatkan Kesuburan Pria

Manfaat jahe berikutnya adalah untuk meningkatkan kesuburan pada pria. Guna mendapatkan manfaat jahe merah ini, anda juga harus mengombinasikannya dnegan mengonsumsi suplemen yang mengandung zinc.

Dimana, campuran air jahe merah plus suplemen zinc ini telah terbukti dapat meningkatkan fungsi testis, termasuk untuk merangsang sperma.

3. Mengurangi Morning Sickness

Memang sudah sejak lama minuman rebusan air jahe ini terkenal sebagai pereda rasa mual, baik yang disebabkan oleh mabuk kendaraan, pasca operasi, maupun kemoterapi.

Bahkan, ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa air jahe merah ini sangat efektif untuk meredakan mual pada ibu hamil di trimester pertama alias morning sickness.

Meski demikian, ibu yang sedang hamil sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ar jahe merah terlalu banyak.

Karena ada sebagian orang yang meyakini bahwa dengan mengonsumsi air jahe terlalu banyak saat hamil muda akan menyebabkan keguguran, walaupun anggapan tersebut tidak memiliki landasan yang ilmiah.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Menyembuhkan Berbagai Penyakit

4. Mengatasi Gejala Osteoartritis

Dalam hal ini, ada sebuah studi yang dilakukan di Iran dan Amerika Serikat yang membuktikan bahwa jahe merah memiliki efek yang sama dengan ibuprofen dalam mengatasi gejala-gejala osteoartritis, termasuk rasa nyeri.

Dengan mengonsumsi jahe merah terbukti dapat mengurangi sakit pada lutut karena tanaman yang satu ini memang bersifat anti radang.

5. Memperbaiki Gairah Seksual

Manfaat jahe merah untuk kesehatan berikutnya adalah untuk memperbaiki gairah seksual. Jahe merah ini dikenal sebagai obbat tradisional yang seringkali digunakan untuk memperbaiki disfungsi seksual.

Dalam hal ini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, menyatakan bahwa jahe merah yang diolah menjadi minyak esensial memang dapat bertindak sebagai afrodisiak dengan meningkatkan libido seseorang, walaupun pengaruhnya tidak seefektif pasak bumi.

Wah ternyata selain enak dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh, ternyata jahe merah juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya kalau jahe merah ini bisa menjadi obat herbal alternatif untuk kesehatan tubuh anda.

Baca juga: Cara Menghilangkan Komedo Hitam dengan Rekomendasi Produk Terbaik