Biografinya.com – Perancangan dan desain interior telah menjadi aspek integral saat ini untuk hampir setiap konstruksi bangunan baru. Baik itu tempat tinggal atau ruang kantor, kita semua menginginkan yang terbaik, baik itudari eksterior maupun interior.

Meskipun anda menghabiskan banyak uang untuk keindahan luar properti anda, interior tidak dapat diabaikan juga.

Bahkan, interior ruang Anda agak lebih penting karena Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di kantor dan rumah Anda. Interior yang menarik tidak hanya menarik apresiasi dari teman dan kerabat, tetapi juga menjadikannya properti yang akan laku di masa depan.

Walaupun sebagian besar orang lebih suka mendesain interior mereka dengan ide mereka sendiri, tetapi jika anda menginginkan sesuatu seperti yang ada di film, majalah, atau di web, interior anda akan membutuhkan sentuhan profesional.

Namun, berkat teknologi yang berkembang, sekarang ada beberapa program desain interior dan rumah yang dapat membantu anda membuat sketsa ide sendiri.

Kami telah menyiapkan 10 aplikasi desain rumah PC yang dapat membantu anda untuk merancang interior maupun eksterior berikut ini:

1. 3Ds Max

Alat ini terkenal dengan kemampuannya yang luar biasa dalam perencanaan, pemodelan, simulasi, dan rendering desain interior 3D, serta animasi untuk film, gambar gerak, desain produk industri, dan permainan video.

3Ds Max juga mahir dalam menampilkan berbagai tekstur & perlengkapan dalam desain Anda, termasuk bulu dan rambut realistis, simulasi gerak manusia, dan simulasi partikel.

3Ds Max sangat ideal untuk desainer yang sudah mahir dalam pemodelan dan rendering 3D, dan yang ingin membuat model khusus untuk proyek mereka.

2. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D merupakan sebuah aplikasi gratis yang membantu pengguna menggambar desain properti mereka sendiri, mengatur furnitur, dan melihat hasilnya dalam 3D.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat menggambar dinding lurus, bundar, atau miring dengan dimensi yang akurat.

Anda dapat menggunakan mouse atau keyboard untuk tujuan ini. Anda kemudian dapat menambahkan pintu dan jendela ke dinding dan membawanya ke rencana. Alat kemudian menentukan lubang di dinding sebagai ukuran persiapan.

3. Roomstyler 3D Home Planner (Online)

Roomstyler hadir dengan lebih dari 120.000 item dari merek-merek terkenal yang membantu Anda mendekorasi desain interior Anda.

Alat ini memudahkan perancangan dan menghilangkan semua kerepotan dalam memilih sampel warna, atau pengangkatan berat.

Segera setelah Anda mengklik alat, itu langsung membuka antarmuka di mana Anda dapat merombak kamar Anda secara online.

Program ini mudah digunakan yang memungkinkan siapa pun membuat gambar 3D realistis foto dari interior yang dirancang. Selain itu, item yang ditemukan di repositori virtual adalah model furnitur asli.

4. Maya

Perangkat lunak ini sangat mahir dalam animasi komputer, pemodelan 3D, simulasi, dan rendering. Kemampuan Maya sangat populer untuk menambahkan efek dan karakter ke permainan video, film animasi, dan tur real estat visual.

Meskipun profesional dapat menggunakan perangkat lunak ini dengan lancar untuk merancang dan menghidupkan segala jenis objek 3D, banyak pemula menemukan Maya (dan alat Autodesk lainnya) terlalu menantang dan bukan titik awal terbaik.

Maya sangat ideal bagi para profesional yang sangat berpengetahuan tentang pemodelan 3D, merancang, dan menjiwai, dan yang membutuhkan alat canggih untuk menyelesaikan pekerjaan mereka.

5. MyVirtualHome

MyVirtualHome ini dilengkapi dengan berbagai macam alat yang membantu Anda merancang versi 3D rumah Anda.

Perangkat lunak ini hadir dengan banyak pilihan yang membantu pengguna bersepeda melalui beberapa bahan bangunan yang berbeda seperti lemari, dinding, pintu, dan jendela.

Dan karenanya merancang rumah Anda yang akan datang dengan barang-barang furnitur yang diambil dari foto-foto berbagai merek. Anda dapat memilih lounge, meja kopi, televisi, dan lain sebagainya.

Baca juga: Resep Gudeg Makanan Khas Jogja yang Enak dan Lezat

6. SketchUp

SketchUp adalah alat pemodelan 3D komprehensif yang menyederhanakan proses pemodelan, terutama jika dibandingkan dengan alat lain.

Namun, mereka yang pemula dalam hal pemodelan 3D dapat mengalami kurva belajar yang lebih tinggi, karena mereka perlu mempelajari fitur spesifik SketchUp dan praktik terbaik pemodelan 3D secara keseluruhan.

SketchUp sangat ideal untuk desainer yang sudah memiliki pengetahuan tentang pemodelan 3D dan membutuhkan perangkat lunak yang komprehensif yang memungkinkan kreativitas mereka.

7. AutoCAD

AutoCAD adalah sebuah software dari Autodesk, sebuah perusahaan teknologi populer. Perangkat lunak 2D dan 3D ini merupakan alat desain yang paling banyak digunakan di pasaran saat ini – jadi tidak heran jika alat ini mendukung dalam daftar kami!

AutoCAD digunakan secara luas oleh berbagai profesional – termasuk desainer grafis, pembuat real estat, pembuat industri dan lingkungan, permainan animator, desainer interior, dan arsitek.

AutoCAD sangat ideal bagi mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia desain, dan yang membutuhkan alat yang lebih kompleks dan mendalam untuk memenuhi kebutuhan desain mereka.

8. Revit

Revit adalah perangkat lunak desain lain dari Autodesk. Aplikasi BIM (pemodelan informasi bangunan) ini sangat populer dalam desain interior 3D, teknik struktural, dan desain arsitektur.

Revit memungkinkan pengguna untuk dengan mudah membuat model struktural dan berkolaborasi dengan rekan tim, sambil bekerja dalam tren desain interior saat ini seperti denah lantai berkelanjutan dan analisis energi.

Revit sangat ideal untuk arsitek dan insinyur yang sudah terbiasa dengan konsep dan alur kerja BIM.

Desainer interior yang tidak terbiasa dengan ini – atau yang tidak perlu memasukkan unsur-unsur seperti rekayasa struktural ke dalam pekerjaan desain mereka – mungkin paling cocok untuk mencoba perangkat lunak yang berbeda.

9. Blender

Alat berikutnya dalam daftar kami adalah Blender, perangkat lunak gratis untuk pemodelan 3D, grafik, dan desain interior.

Alat ini mencakup fitur-fitur yang berguna dalam mengedit video, memahat, animasi fotorealistik, dan rendering, dan ini sangat membantu untuk mengedit video dengan mudah dan membuat simulasi realistis seperti asap, rambut, cairan, dan banyak lagi.

Ini juga memungkinkan pengguna bereksperimen dengan gaya yang berbeda, seperti arsitektur tradisional vs modern, dan membuat game 3D, animasi, dan aplikasi.

Blender bukanlah alat yang sangat menantang untuk dipelajari, meskipun kemudahan yang Anda gunakan berbeda tergantung pada pengetahuan dan pengalaman Anda sebelumnya dengan pemodelan dan perancangan 3D.

10. Foyr Neo

Foyr Neo, yang menawarkan pengalaman desain interior lengkap dari ujung ke ujung. Dengan Foyr Neo, pengguna dapat merencanakan dan merancang ruang 2D dan 3D, dan membuat render berkualitas tinggi dalam waktu kurang dari 10 menit – semuanya dari peramban.

Perangkat lunak ini sangat intuitif dan mudah diambil oleh pengguna baru. Salah satu fitur kemudahan penggunaan yang paling disukai adalah kemampuan untuk menarik dan melepaskan produk pra-model, siap-render dari katalog lebih dari 50.000 item.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi desain rumah PC yang bisa kalian gunakan untuk mendesain interior ataupun eksterior rumah.