Doa Setelah Yasin dan Syafaatnya

Doa Setelah Yasin dan Syafaatnya

sumber : Dream

Membaca doa setelah Yasin adalah salah satu cara untuk menghormati ayat-ayat suci Al-Quran. Doa ini memiliki keutamaan yang luar biasa dan dapat memberikan banyak manfaat bagi orang yang membacanya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa setelah Yasin dengan baik dan tepat. Artikel ini akan menjelaskan tentang cara membaca doa setelah Yasin dengan benar dan tepat sesuai dengan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Doa Setelah Yasin

Arab :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ عِلْمِكَ بِالسَّرِّ وَالضَّرِّ وَأَسْأَلُكَ مِنْ قُوَّتِكَ بِالْقُوَّةِ وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيمِ فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ اللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي أَوْ قَالَ عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاقْدُرْهُ لِي وَيَسِّرْهُ لِي ثُمَّ بَارِكْ لِي فِيهِ وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا الْأَمْرَ شَرٌّ لِي فِي دِينِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ أَمْرِي أَوْ قَالَ فِي عَاجِلِ أَمْرِي وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِي بِهِ

Latin:
Allāhumma innī as’aluka min ‘ilmika bissirri wadz-dzarr, wa as’aluka min quwwatika bil-quwwah, wa as’aluka min faḍlika al-‘aẓīm. Fa innaka taqdiru wa lā aqdiru, wa ta‘lamu wa lā a‘lamu wa anta ‘allāmul-ghuyūb. Allāhumma in kunta ta‘lamu anna hādzal amra khairun lī fī dīnī wa ma‘āsyī wa ‘āqibati amrī (aw qālajil amri wa ājilih) faqdurhu lī wa yassirhu lī, thumma bārik lī fīhi, wa in kunta ta‘lamu anna hādzal amra syarrun lī fī dīnī wa ma‘āsyī wa ‘āqibati amrī (aw qālajil amri wa ājilih) faṣrifhu ‘annī waṣrifnī ‘anhu waqdur liyal-khaira haythu kāna, thumma ardhiṇī bihi.

Terjemahan:
“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rizki yang luas, dan amal yang diterima. Dan aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, rizki yang sempit, dan amal yang tidak diterima.”

Doa ini mengandung permohonan akan ilmu yang bermanfaat, rejeki yang cukup, serta amal yang diterima oleh Allah SWT setelah membaca surat Yasin. Ini adalah doa yang umumnya dibaca sebagai permohonan yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : Kumpulan Doa-Doa yang Dibaca Sehari-hari

Syafaat Membaca Doa Setelah Yasin

Membaca doa setelah Yasin adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan oleh agama Islam. Doa ini biasanya dibaca setelah membaca surat Yasin. Doa ini dapat membantu kita untuk meningkatkan kualitas ibadah kita. Namun, ada beberapa kiat yang dapat kita gunakan untuk membaca doa ini dengan baik. Berikut adalah beberapa kiat membaca doa setelah Yasin dengan baik.

1. Bersihkan Hati dan Pikiran

Sebelum membaca doa setelah Yasin, ada baiknya untuk membersihkan hati dan pikiran kita. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kita dapat membaca doa dengan khusyuk dan tulus. Kita dapat melakukan hal ini dengan berdoa dan berzikir kepada Allah SWT. Dengan melakukan hal ini, kita dapat menghilangkan segala pikiran yang tidak perlu sebelum membaca doa.

2. Berdoa Sebelum Membaca Doa

Selain membersihkan hati dan pikiran, ada baiknya untuk berdoa sebelum membaca doa setelah Yasin. Berdoa sebelum membaca doa akan membantu kita untuk mempersiapkan diri kita untuk membaca doa dengan khusyuk dan tulus. Kita dapat berdoa agar Allah SWT memberikan kita kekuatan dan kemampuan untuk membaca doa dengan baik.

3. Baca Doa dengan Tenang dan Khusyuk

Sumber : Harian Metro

Ketika membaca doa setelah Yasin, ada baiknya untuk membacanya dengan tenang dan khusyuk. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kita dapat membaca doa dengan tulus dan khusyuk. Kita juga harus berusaha untuk tidak terburu-buru saat membaca doa. Dengan membaca doa dengan tenang dan khusyuk, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

4. Tambahkan Penghayatan dan Kontemplasi

Selain membaca doa dengan tenang dan khusyuk, ada baiknya untuk menambahkan penghayatan dan kontemplasi saat membaca doa. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kita dapat memahami makna doa yang kita baca. Kita dapat melakukan hal ini dengan berfikir tentang makna doa dan berusaha untuk menghayatinya. Dengan melakukan hal ini, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

5. Berdoa Setelah Membaca Doa

Selain berdoa sebelum membaca doa, ada baiknya untuk berdoa setelah membaca doa. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kita dapat menyampaikan permohonan kita kepada Allah SWT. Kita dapat berdoa agar Allah SWT menerima doa kita dan mengabulkan permohonan kita. Dengan berdoa setelah membaca doa, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

6. Bersyukur Setelah Membaca Doa

Selain berdoa setelah membaca doa, ada baiknya untuk bersyukur setelah membaca doa. Hal ini penting untuk memastikan bahwa kita dapat menghargai nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Kita dapat bersyukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita. Dengan bersyukur setelah membaca doa, kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.

BACA JUGA : Niat Sholat Dhuha dan Keutamaan Mengerjakannya

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *