Categories: Kuliner

Inilah Resep Kue Tradisional Jentik Manis Mudah!


biografinya.com – Apakah Anda pernah mendengar nama kue tradisional jentik manis? Jajanan ini diberi nama jentik manis karena penampilannya yang memiliki jentik-jentik dari mutiara. Selain itu, rasanya memang manis, perpaduan dari gula dan pisang. Tahukah Anda ternyata cukup mudah untuk bisa membuat masakan ini loh. Anda bisa membuatnya jika sedang ingin mengisi waktu. 

Ada beberapa bahan yang perlu Anda persiapkan sebelum memasak jentik manis. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko terdekat. Jangan khawatir mahal karena bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini sangat terjangkau. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang Anda butuhkan:

Mudah untuk ditemukan bukan? Anda bisa mempersiapkan pisang untuk direbus terlebih dahulu sebelum mulai untuk memasak. Setelah selesai direbus, Anda bisa memotongnya sesuai selera. Persiapkan juga alat-alat yang dibutuhkan seperti panci, plastik atau cetakan dan adukan adonan. Langkah-langkah untuk membuat jentik mutiara ini adalah:

Saat membelinya, tentu mutiara yang Anda beli masih berupa bulatan kecil-kecil. Agar bisa matang, Anda perlu untuk merebus mutiara ini hingga tampilannya menjadi bening dan matang. Gunakan teknik perebusan 5 30 7 agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah melarutkan hunkwe. Tepung hunkwe merupakan salah satu tepung yang mudah untuk larut. Agar rasa gurih dari jentik mutiara ini semakin kuat, Anda bisa melarutkannya menggunakan santan. Gunakan sebagian santan, ambil secukupnya, untuk melarutkan tepung hunkwe. 

Step ketiga adalah memanaskan bahan. Setelah sebagian santan diambil untuk melarutkan hunkwe,  masukkan sebagian santan lainnya ke dalam panci lalu panaskan. Bersama dengan santan, masukkan juga daun pandan, sejumput garam dan gula. Aduk menggunakan api kecil. Sebelum santan mendidih, masukkan tepung hunkwe yang sudah dilarutkan. Aduk terus adonan sampai mengental. Apabila Anda ingin adonan Anda berwarna, Anda bisa menambahkan pewarna sesuai selera. 

Setelah mengental, ini adalah saatnya untuk memasukkan mutiara yang sebelumnya sudah direbus. Aduk rata, tetapi jangan sampai mutiara hancur. Tanda bila adonan sudah matang adalah bila mendidih. 

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mencetak jentik mutiara ini, yang pertama adalah menggunakan cetakan dan yang kedua adalah dengan plastik. Biasanya, orang yang menggunakan cetakan membuat jentik merah untuk konsumsi pribadi. Sedangkan orang yang mencetak menggunakan plastik akan menjual jentik merah buatannya. Anda bebas memilih mana yang ingin Anda ikuti. Akan tetapi, mencetak menggunakan plastik bisa membuat jentik merah lebih mudah membuatnya disimpan di dalam lemari pendingin. 

Saat mencetak, jangan lupa untuk memberikan potongan pisang kepok yang tadi sudah direbus. Letakkan pisang di bagian atas jentik merah agar tampak menarik. Bila ingin, Anda juga bisa memberikan hiasan lain seperti daun pandan berbentuk v diatasnya. Anda juga bisa memotong satu cetakan menjadi beberapa bagian agar tidak kebanyakan saat menikmatinya. 

Selesai, itu dia cara membuat jentik merah dengan mudah dan cepat. Anda bisa memasukkannya ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu untuk membuatnya semakin lezat saat dimakan. Tekstur dari jajanan tradisional ini sangat lembut, sehingga bisa dikonsumsi oleh semua usia baik anak-anak ataupun lansia. Tentu jajanan tradisional ini sangat cocok untuk acara bersama keluarga. Apakah Anda tertarik untuk membuatnya? 

Anonyla

Share
Published by
Anonyla

Recent Posts

Tips Mengatasi Susah Tidur, Solusi untuk Kualitas Tidur Terbaik!

Dengan menerapkan beberapa tips mengatasi susah tidur yang telah dibahas, kamu bisa kembali menikmati tidur…

1 jam ago

7 Drakor yang Tayang 2024, Salah Satunya Marry My Husband!

Pernahkah kamu membayangkan menghabiskan waktu seharian dengan menonton drama Korea yang seru dan menghibur? Di…

1 minggu ago

Tips Mengatasi Rambut Rontok: Solusi untuk Rambut Lebih Sehat!

Pernahkah Anda melihat rambut rontok ketika di sisir atau di lantai kamar mandi? Jika ya,…

2 minggu ago

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik, Istirahat Cukup

Asam lambung naik, atau yang dikenal juga dengan istilah refluks asam lambung, adalah kondisi di…

1 bulan ago

Smartwatch Samsung Terbaik, Ada Samsung Galaxy Watch 5!

Smartwatch Samsung Terbaik 2024. Samsung, raksasa teknologi Korea Selatan, dikenal dengan lini produk inovatifnya, termasuk…

1 bulan ago

7 Tips Bulking, Bisa Dengan Asupan Protein

Tips bulking adalah strategi dalam dunia kebugaran untuk meningkatkan massa otot dengan meningkatkan asupan kalori…

1 bulan ago