Kam. Mei 25th, 2023

Biografinya.com – Ternyata manfaat kunyit putih untuk kesehatan itu jauh lebih unik dan lebih hebat jika dibandingkan dengan kunyit biasa yang berwarna orange.

Dan bahkan saat ini kunyit putih banyak dicari karena dipercaya ampuh dapat mengobati kanker dan tumor.

Tetapi manfaat yang menakjubkan dari kunyit putih ini belum dikenal luas. Kunyit putih atau Curcuma Zedoria ini popular juga dengan sebutan kunir putih atau temu putih.

Rimpang yang satu ini berbeda dengan kunyit biasa yang berwarna orange atau Curcuma Longa. Jika dibandingkan dengan kunyit biasa yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masak, justru kunyit putih tidak dimanfaatkan untuk memasak.

Kunyit putih seringkali dijadikan sebagai obat herbal, dan rimpang yang satu ini memang sudah sejak lama dimanfaatkan didalam dunia pengobatan tradisional.

Kunyit putih bermanfaat bagi pengobatan berkat kandungan senyawa kimianya yang kaya. Misalnya saja adanya diarilheptanoid yang merupakan zat warna kurkumin, minyak atsiri, minyak esensial dan sari pati.

Lalu manfaat yang menakjubkan dari pemanfaatan kunyit putih ini apa saja? Berikut dibawah ini 8 manfaat kunyit putih untuk kesehatan diantaranya yaitu :

1. Mengatasi Kanker Dan Tumor

Sekarang ini banyak orang mencari kunyit putih untuk mencegah dan sekaligus mengobati penyakit kanker dan tumor.

Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan senyawa kurkuminoid, ethyl pmethocyvinnatate, flavonoid, demothycurcumin, dan bisdemothycurcumin, didalam rimpang tersebut yang dipercaya ampuh dapat mengatasi kanker dan tumor.

2. Mencegah Gangguan Jantung

Didalam kunyit putih terkandung potassium, zat besi, dan senyawa kimia lainnya yang dipercaya efektif dapat meningkatkan sel darah merah dan juga melindungi kesehatan jantung. Kalium yang terkandung didalamnya juga efektif untuk mengontrol denyut jantung dan tekanan darah.

3. Menyembuhkan Sakit Maag 

Kamu juga bisa memanfaatkan kunyit putih untuk menyembuhkan sakit maag. Jenis herbal yang satu ini memang sudah sejak lama dimanfaatkan didalam pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi dan juga gangguan pencernaan lainnya.

4. Mengatasi Alergi

Kunyit putih juga mengandung zat curcuminoids yang berkhasiat sebagai anti alergi. Nantinya herbal ini akan bekerja seperti anthistamin yang ampuh untuk mengobati gejala alergi yang menyerang kulit dan juga peradangan karena alergi.

Baca juga: Cara Efektif Mengatasi Payudara Nyeri Saat Menyusui

5. Menangkal Racun

Sifat antitoxic atau anti racun yang dimiliki kunyit putih berkhasiat untuk melindungi tubuh dan membuang racun. Dan bahkan herbal ini bisa dimanfaatkan untuk mengobati luka karena racun bisa ular.

6. Menyembuhkan Asma

Kamu juga bisa memanfaatkan kunyit putih untuk meredakan penyakit asma. Selain itu dengan mengkonsumsi secara rutin herbal yang satu ini maka dipercaya ampuh dapat menyembuhkan flu, pilek, batuk, dan gangguan pernapasan.

8. Mengatasi Jerawat

Karena kandungan antioksidan didalam kunyit tinggi sehingga menjadikan herbal ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas secara efektif.

Untuk mengatasi jerawat di wajah dan menurunkan kadar minyak di kulit, kamu bisa memanfaatkan herbal ini sebagai masker yang memang dipercaya efektif dapat mengatasi masalah pada kulit wajah.

Selain itu masih ada manfaat kunyit putih untuk kesehatan lainnya seperti anti penuaan dini dan baik untuk program diet.

Ternyata kunyit putih memiliki manfaat yang ampuh didalam membunuh sel kanker dan mengobati berbagai penyakit lainnya.

Tetapi didalam mengkonsumsi herbal yang satu ini harus sewajarnya dan tidak berlebihan, jika kamu ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Pastikan juga memanfaatkannya disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Baca juga: Berikut Ini Manfaat Sinar Matahari Yang Harus Anda Ketahui

By Anonyla

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *